PENDIDIKAN

Kemdiknas Dirikan Rumah Sakit Pendidikan

Kompas.com - 07/06/2011, 18:51 WIB
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan Nasional membangun sejumlah rumah sakit pendidikan di beberapa kampus di Indonesia.

Menurut Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Mohamad Nuh, Selasa (7/6/2011) di Jakarta, pembangunan rumah sakit (RS) pendidikan tetap penting, meskipun setiap daerah telah memiliki rumah sakit umum daerah (RSUD).

RS dengan RSUD memiliki perbedaan, terutama fungsinya bagi mahasiswa fakultas kedokteran. Selain sebagai rumah sakit, RS pendidikan juga berfungsi sebagai pusat penelitian bagi para mahasiswa kedokteran.

"Memang saat ini banyak pertanyaan, mengapa didirikan rumah sakit pendidikan. Apakah tidak cukup dengan RSUD? Ada filosofi, RSUD itu fokus pada layanan publik, sementara RS pendidikan untuk pengembangan pendidikan," kata Nuh

Ia menjelaskan, saat ini proses pembangunan RS pendidikan di sejumlah kampus di daerah sudah hampir selesai. Tahun depan fungsi RS pendidikan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhannya.

"Kami sudah bangun di USU (Universitas Sumater Utara) yang kini belum selesai. Kemudian di Unhas, Unpad, Universitas Mataram, dan daerah lain yang totalnya ada enam," ujar Nuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.