Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

101 Tim Ikuti Kontes Robot Nasional 2011

Kompas.com - 10/06/2011, 22:34 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 101 tim robot dari 51 perguruan tinggi di Indonesia akan mengikuti Kontes Robot Nasional 2011 di Grha Sbha Pramana Universitas Gajah Mada (GSP UGM), Yogyakarta, Sabtu dan Minggu, 11-12 Juni 2011.

Dr Eng M Arif Wibisono ST MT, ketua panitia kontes robot mengatakan, 101 tim peserta itu adalah para juara Kontes Robot Tingkat Regional yang diselenggarakan di masing-masing regional belum lama ini.

"Mereka adalah para juara, baik juara I, II maupun III dalam kontes robot tingkat regional. Ada lima regional yaitu regional I yang diselenggarakan di Poltek Negeri Batam, Regional II di ITB Bandung, Regional III di UNY, Regional IV di PENS Surabaya, dan Regional V di Untad Palu," kata Wibisono, Jumat (10/6/2011) di Kampus UGM.

Kontes Robot Nasinal 2011 akan mempertandingkan tiga kategori, yaitu Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KCRI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

Wibisono menjelaskan tema KRI 2011 adalah Larungan, mengadaptasi tema Asia-Pasific Broadcasting Union Robocon 2011 yaitu Loy Krathong atau melarung bunga teratai untuk dewi sungai yang biasa diselenggarakan tiap bulan November di Thailand.

"Tema itu kami adopsi, karena pemenang KRI 2011 ini akan kami kirim ke Thailand untuk mengikuti kontes tingkat internasional yang akan diselenggarakan di Bangkok, Thailand, 9 September mendatang," ucap Wibisono.

Sementara untuk kategori Kontes Robot Cerdas Indonesia, dibagi dalam tiga divisi yaitu KRCI Beroda dan Berkaki dengan tema Robot Cerdas Pemadam API, serta divisi KRCI Battle dengan tema Robot cerdas Pemain Bola.

Lebih lanjut Wbisono menjelaskan, KRCI Beroda dan Berkaki memiliki misi mencari dan memadamkan api di arena lapangan berbentuk simulasi interior sebuah rumah.

"Robot tercepat yangberhasil menemukan dan memadamkan api dan kembali ke home base dinyatakan sebagai pemanang,"  tutur Wibisono.

Adapun untuk divisi KRCI Battle 2011 dipertandingkan dua robot yang akan menendang sebanyak mungkin bola ke gawang lawan. Robot yang paling banyak memasukkan bola ke gawang lawan adalah pemenangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com