Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Tak Lulus, Kepsek Terancam Dicopot

Kompas.com - 13/06/2011, 11:49 WIB

PAREPARE, KOMPAS.com — Kepala Dinas Pendidikan Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Mustafa Mappangara mengatakan, pihaknya akan memanggil dan meminta penjelasan para kepala sekolah SMP yang siswanya tidak 100 persen lulus dalam ujian nasional (UN) 2011. Meski tingkat kelulusan siswa SMP di Kota Parepare mencapai 99,6 persen, pihaknya akan tetap melakukan evaluasi. Tiga SMP yang tercatat terdapat siswa yang tidak lulus yaitu SMP PGRI 1 (3 siswa), MTs Guppi (1 siswa) dan SMPN 4 Parepare (5 siswa). Evaluasi, kata Mustafa, bisa diikuti dengan kemungkinan pemberian sanksi.

"Mereka akan kami panggil untuk dimintai penjelasan terkait kegagalan tersebut. Namun yang pasti, para kepala sekolah itu akan diganjar sanksi. Dan jika memungkinkan, akan kami copot dari jabatannya," kata Mustafa kepada Kompas.com, Senin (13/6/2011).

Secara terpisah, Kepala SMPN 4 Parepare Syamsuddin mengatakan, meski ada lima siswa di sekolahnya yang tidak lulus, namun tingkat kelulusan disekolah tersebut justru meningkat dibanding tahun lalu.

"Kami sudah berusaha secara maksimal," kata Syamsuddin.

Sementara itu, Ketua Komite SMPN 4 Parman Farid menilai, angka kelulusan yang mengalami peningkatan dibanding tahun lalu, seharusnya bisa mendapat apresiasi dan penghargaan dari pihak Dinas Pendidikan. Lulus tidaknya siswa, menurutnya, tidak harus menjadi alasan pencopotan kepala sekolah.

"Kualitas Ujian Nasional tidak hanya dilihat dari persentase tingkat kelulusan, tapi juga kejujuran dan kerasionalannya," kata Parman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com