UI Akan Presentasikan 199 Riset

Kompas.com - 13/06/2011, 16:53 WIB
EditorInggried

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) akan mempresentasikan 199 hasil riset kepada para staf pengajar yang ada di lingkungan kampus UI dari seluruh Fakultas di hadapan para reviewer. Presentasi hasil riset ini akan disampaikan pada Seminar Laporan Akhir Hibah Riset UI tahun 2010 pada hari Selasa (14/6/2011) dan Rabu (15/6/2011), di Gedung Engineering Center Fakultas Teknik UI, Kampus Depok. Demikian informasi yang diperoleh Kompas.com, dari pernyataan pers UI, Senin (13/6/2011).

Para dosen yang berasal dari 12 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana akan memaparkan hasil penelitian yang telah mereka teliti. Hasil penelitian yang akan dipresentasikan diantaranya adalah Pengembangan Entrepreneurial University (Fakultas Psikologi), Produksi Bahan Bakar Bio Non-ester dari Minyak Jarak (Fakultas Teknik), Studi Pemanfaatan Limbah Botol Plastik (Fakultas Teknik), Bangunan Sakral dan Profan dalam Masyarakat Sunda Kuno (Fakultas Ilmu Budaya), Tanggung Jawab Negara dalam Pencemaran Asap Lintas Batas (Fakultas Hukum), Analisis Kebijakan Akuntansi Syariah (Pascasarjana), Praktik Perlindungan Anak dalam Online Child Pornography (Fakultas ilmu Sosial dan ilmu Politik), Aktifitas Penyembuhan Luka Diabetik (Fakultas Matematika dan IPA), dan Aktivitas Bayam Duri dan Sambiloto (Fakultas Kedokteran).

Selama tahun 2010, UI telah menyiapkan lebih dari Rp11 miliar dana hibah riset untuk mendanai penelitian para staf pengajar dari 12 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana di UI.  Dengan adanya penelitian-penelitian ini, diharapkan bisa memberikan sumbangsih dalam meningkatkan peradaban dunia dengan menghasilkan karya cipta yang mendukung peningkatan martabat manusia.

Untuk menuju universitas riset kelas dunia (world class university) perlu dikembangkan budaya organisasi yang kondusif, berlandaskan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan integritas.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X