Kasus Pesanggrahan Diserahkan ke Disdik

Kompas.com - 15/06/2011, 13:43 WIB
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan Nasional menyerahkan penyelesaian dugaan penyontekan massal di SD 06 Petang, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Menteri Pendidikan Nasional M Nuh mengungkapkan, ia baru mendengar kasus tersebut dari pemberitaan media.

"Kami mendengar kasus itu dari media. Tetapi, karena untuk SD kewenangannya ada di kabupaten/kota, kami memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah setempat untuk menyelesaikan. Jika tidak bisa diselesaikan, baru dibawa ke pusat," kata Nuh, dalam jumpa pers di Gedung Kementerian Nasional, Jakarta, Rabu (15/6/2011).

Dugaan terjadinya kecurangan dalam ujian nasional di SD 06 Petang Pesanggrahan, Jakarta Selatan, dilaporkan oleh Irma, ibu seorang siswa berinisial MAP, kepada Komnas Perlindungan Anak. Menurut laporan yang diterima Komnas PA, instruksi membagikan jawaban dilakukan kepada sejumlah siswa yang menempati peringkat pertama hingga ke-10. Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait mengatakan, orangtua siswa memiliki bukti rekaman terjadinya kecurangan tersebut.

Sementara itu, Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional Mansyur Ramli mengatakan, pihaknya sudah meminta Komnas PA untuk bertemu dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta. "Kalau tidak bisa diselesaikan, baru kami bantu," kata Mansyur.

Dari informasi yang diterima Kompas.com pagi tadi, Arist menyebutkan, pertemuan dengan dinas terkait akan dilakukan pada Kamis besok. Komnas PA akan mendampingi orangtua siswa pelapor untuk menyampaikan peristiwa yang terjadi.

Baca tentang


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X