Akhirnya, Microsoft Rilis SDK Kinect untuk Windows

Kompas.com - 17/06/2011, 14:03 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Sesuai janjinya saat Kinect pertama kali diluncurkan untuk konsol game XBox 360, Microsoft akhirnya merilis secara resmi SDK (software development kit) untuk Windows. Dengan SDK tersebut, controller bersensor gerak tersebut bisa digunakan untuk memainkan game di komputer.

"Yang membuat saya terkejut hari ini adalah karena dengan SDK ini kami dapat mendorong kreativitas baru dan dampaknya bagi ratusan juta orang yang sudah punya PC," kata Anoop Gupta, Microsoft Research Distinguished Scientist seperti dilansir situs web TechRadar.

Ketersediaan SDK Kinect untuk Windows diumumkan lewat kanal video web Microsoft, Kamis (16/6/2011). Microsoft mendorong para pengembang software menggunakan SDK tersebut mengembangkan aplikasi berbasis sensor gerak.

Janji memberikan SDK tersebut sudah dilakukan Microsoft sejak kegiatan temu pengembang MIX2011 pada April 2011 lalu. Namun, versi beta pertamanya baru tersedia saat ini dan dapat diunduh secara cuma-cuma di situs kelompok riset Microsoft.

Namun, status SDK tersebut untuk kepentingan non komersial. Sehingga penggunanya belum bisa menggunakan untuk membuat aplikasi yang berbayar. Microsoft memang baru menyediakannya untuk kepentingan penelitian dan hobi saja. Meski demikian, Microsoft juga menjanjikan SDK untuk komersial di masa mendatang tanpa menyebut kepastian waktunya.

SDK tersebut terdiri dari akses ke sensor-senor kamera yang diguankan pada Kinect dan mikrofon. Selain itu, SDK juga menyediakan kemudahan mengembangkan kontrol navigasi berbasis bentuk tubuh hingga tiga orang pemain.

"Saya tahu Anda semua akan mengejutkan kami dengan pemikiran dan angan-angan yang muncul setelah kami menyediakan Kinect untuk mendorong kemajuan di bidang robotika, pendidikan, kesehatan, dan otomotif," lanjut Gupta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.