Siswa Gadel II Lulus 100 Persen, Alif Terbaik

Kompas.com - 17/06/2011, 16:05 WIB
EditorInggried

SURABAYA, KOMPAS.com - Hasil akhir ujian nasional tingkat SD yang dirilis Dinas Pendidikan Provinsi Jatim menyebutkan, seluruh siswa kelas 6 SD Negeri Gadel II Surabaya dinyatakan lulus. Dari 60 siswa kelas 6 peserta ujian itu, Alif, putra Ny Siami memeroleh nilai rata-rata tertinggi, yakni 9,1. Dalam rekap nilai hasil UN SD Negeri Gadel II Surabaya, Alifa  Ahmad Maulana dengan nomor peserta ujian 1-11-05-01-528-041-8 menduduki ranking pertama dengan nilai rata-rata yakni 9,1.

Tiga mata pelajaran yang diujikan, masing-masing nilainya, Bahasa Indonesia Nilai Ujian Nasioanal (UN) 9,60, Nilai Sekolah (NS) 8,75, dan Nilai Akhir (NA) 9,3. Untuk pelajaran Matematika, UN 8,50, NS 8,83, dan NA 8,6. Sementara, untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), nilai UN 9,75, NS 8,88, NA 9,4.

Melihat perolehan nilai yang beragam oleh masing-masing siswa di kelas itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Harun menegaskan tidak ada praktik sontek massal di SDN Gadel II Surabaya seperti diberitakan.

'Rekap nilai ini adalah bukti otentik bahwa tidak ada sontekan massal di situ seperti juga yang ditegaskan Mendiknas kemarin,' katanya Jumat (17/6/2011).

Dalam kontroversi kasus sontekan massal, Alif merupakan siswa yang diminta oleh guru di SDN Gadel II untuk memberikan jawaban kepada siswa lainnya karena dinilai memiliki kemampuan di atas rata-rata teman sekelasnya. Dalam kasus ini, 3 guru termasuk kepala SDN Gadel II diberi sanksi administrasi diantaranya berupa pencabutan jabatan fungsional mengajar, hingga pemindahan tempat tugas di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.