Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Gadel II Lulus 100 Persen, Alif Terbaik

Kompas.com - 17/06/2011, 16:05 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Hasil akhir ujian nasional tingkat SD yang dirilis Dinas Pendidikan Provinsi Jatim menyebutkan, seluruh siswa kelas 6 SD Negeri Gadel II Surabaya dinyatakan lulus. Dari 60 siswa kelas 6 peserta ujian itu, Alif, putra Ny Siami memeroleh nilai rata-rata tertinggi, yakni 9,1. Dalam rekap nilai hasil UN SD Negeri Gadel II Surabaya, Alifa  Ahmad Maulana dengan nomor peserta ujian 1-11-05-01-528-041-8 menduduki ranking pertama dengan nilai rata-rata yakni 9,1.

Tiga mata pelajaran yang diujikan, masing-masing nilainya, Bahasa Indonesia Nilai Ujian Nasioanal (UN) 9,60, Nilai Sekolah (NS) 8,75, dan Nilai Akhir (NA) 9,3. Untuk pelajaran Matematika, UN 8,50, NS 8,83, dan NA 8,6. Sementara, untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), nilai UN 9,75, NS 8,88, NA 9,4.

Melihat perolehan nilai yang beragam oleh masing-masing siswa di kelas itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Harun menegaskan tidak ada praktik sontek massal di SDN Gadel II Surabaya seperti diberitakan.

'Rekap nilai ini adalah bukti otentik bahwa tidak ada sontekan massal di situ seperti juga yang ditegaskan Mendiknas kemarin,' katanya Jumat (17/6/2011).

Dalam kontroversi kasus sontekan massal, Alif merupakan siswa yang diminta oleh guru di SDN Gadel II untuk memberikan jawaban kepada siswa lainnya karena dinilai memiliki kemampuan di atas rata-rata teman sekelasnya. Dalam kasus ini, 3 guru termasuk kepala SDN Gadel II diberi sanksi administrasi diantaranya berupa pencabutan jabatan fungsional mengajar, hingga pemindahan tempat tugas di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com