Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Keshava-Kalabia Akan Melaju di Sepang

Kompas.com - 20/06/2011, 08:24 WIB

KOMPAS.com - Dua tim mahasiswa Universitas Indonesia, Nakoela dan Sadewa, yang akan berlaga di ajang Shell Eco-Marathon 2011, menyiapkan rancangan kendaraan hemat bahan bakar yang akan diadu di Sirkuit Sepang, Kuala Lumpur, Malaysia pada 6-9 Juli mendatang. Tim Nakoela yang mewakili kelas prototype membawa kendaraan rancangannya  "Garuda Keshava". Sementara itu, Tim Sadewa siap mengadu "Kalabia'. Seperti apa konsep rancangan para mahasiswa ini dan filosofi di balik kendaraan yang mereka desain?

Garuda Keshava

Ketua Tim Nakoela Gerry Julian mengungkapkan, nama Garuda Keshava diambil dari nama kendaraan Dewa Wisnu.

"Jadi, kami merancang itu ada filosofinya. Tidak sembarang desain. Kami punya misi mengenalkan lambang negara kita juga, Burung Garuda. Desain kendaraannya juga menonjolkan kegagahan Garuda," kata Gerry, saat berbincang dengan Kompas.com, Sabtu (18/6/2011), di Jakarta.

Menurutnya, desain ini sudah diuji pula di lab ergonomis. 'Untuk tipe prototype kan nanti si driver membawanya agak rebahan, sehingga harus ergonomis agar sesuai dengan tubuh juga, nyaman," jelas Gerry.

Bahan fiber yang ringan diyakini akan lebih menghemat bahan bakar. Seberapa besar penghematan dan jarak tempuh kendaraan ini untuk satu liter bensin? Fitra meminta hal ini dirahasiakan terlebih dahulu, sebagai bagian dari memenangkan kompetisi.

Kalabia

Sementara itu, Kalabia, yang akan diusung Tim Sadewa akan bertarung di kelas urban. Nama Kalabia diambil dari bahasa Papua yang artinya hiu. "Kalabia ini mobil urban roda empat. Kami mengadaptasinya dari hiu, dengan gaya gesek kecil," kata Ketua Tim Sadewa Fitra Didik Nugroho.

Ia mengatakan, body kendaraan akan didominasi motif batik, dengan desain interior minimalis. "Rangkanya menggunakan aluminium, dengan engine 125 injeksi, mampu menempuh jarak 100 Kilometer hanya dengan satu liter bensin," kata Fitra.

Yang jelas, di ajang kompetisi yang akan diikuti 120 tim ini, kendaraan rancangan mahasiswa se-Asia akan diadu. Pada hari pertama, 6 Juli 2011, setiap rancangan akan diuji tingkat keamanannya. "Yang diutamakan memang keamanan. Kalau di hari pertama itu lolos uji keamanan, maka hari berikutnya baru akan diuji melintasi Sirkuit Sepang," terang Fitra, mahasiswa Teknik Mesin UI angkatan 2008.

Kedua tim berharap, pada kompetisi tahun ini bisa menggondol penghargaan, minimal seperti prestasi yang diraih tim UI pada tahun 2010 lalu, yang meraih Top 5 Best Design.

Baca juga: "Nakoela" dan "Sadewa" UI Bertarung di KL

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com