Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Rata-rata SD Perlu Ditingkatkan

Kompas.com - 20/06/2011, 21:56 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Tingkat kelulusan sekolah dasar (SD) di Kalimantan Tengah pada tahun 2011 mencapai 100 persen. Jumlah siswa yang mengikuti ujian nasional (UN) sebanyak 41.421 orang. Meski demikian, nilai rata-rata siswa dianggap masih perlu ditingkatkan.

Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Guntur Taladjan di Palangkaraya, Kalteng, Senin (20/6/2011), mengatakan, pada tahun ini, nilai rata-rata Bahasa Indonesia di Kalteng sebesar 7,08, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebesar 6,85, dan Matematika sebesar 6,54.

Secara keseluruhan, nilai-nilai itu mendapatkan klasifikasi B. Menurut Guntur, klasifikasi tersebut meningkat dibandingkan tahun 2010.

"Pada tahun lalu, masih ada mata pelajaran dengan nilai rata-rata termasuk klasifikasi C, tapi tingkat kelulusannya juga mencapai 100 persen," katanya.

Peningkatan klasifikasi itu menunjukkan, nilai rata-rata pada tahun 2011 meningkat dari tahun sebelumnya. Kenaikan itu berkat kerja keras para guru. "Terima kasih kepada para guru dan kepala sekolah yang sudah mendidik. Siswa pun belajar dengan baik dan lulus semua," katanya.

Pada masa mendatang, prestasi yang dicapai diharapkan bisa lebih baik dengan meningkatkan nilai rata-rata. Nilai rata-rata Matematika dan IPA, tutur Guntur, diminta naik minimal menjadi 7. Guna mewujudkan harapan tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng telah menerapkan program Kalteng Harati.

"Guru diundang dan dipanggil untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan (diklat) kompetensi serta penyusunan kurikulum, modul, dan bahan ajar," katanya.

Guru-guru itu dikirim ke luar Kalteng untuk menjadi peserta diklat. Upaya tersebut dilakukan untuk mendukung wajib belajar sembilan tahun di Kalteng.

"Orangtua wajib mengantar anak untuk secepatnya melanjutkan sekolah. Untuk tahun ini, saya rasa semua siswa SD yang lulus bisa masuk SMP (sekolah menengah pertama)," katanya.

Sebagai upaya merealisasikan langkah itu, di daerah-daerah terpencil sudah didirikan SMP satu atap. "Kami bersyukur pada tahun ini semua siswa SD di Kalteng lulus. Bagi para siswa, teruslah belajar dan tingkatkan prestasi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com