Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI-AS Sepakat Dorong Ekspor Sepatu

Kompas.com - 22/06/2011, 11:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan sepatu asal Amerika Serikat (AS) yang tergabung dalam Footwear Distributors and Retailer of Amerika (FDRA) dan Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) sepakat menjalin kerja sama untuk meningkatkan perdagangan sepatu antar-kedua negara.

Kesepakatan itu tertuang dalam nota kesepamahaman (MoU) yang diteken belum lama ini. Eddy Widjanarko, Ketua Aprisindo, menilai kerja sama ini bakal menguntungkan kedua belah pihak. Sebab, Indonesia dan AS bisa saling meningkatkan eskpor sepatunya.

Eddy bilang, AS selama ini menjadi pangsa pasar utama ekspor sepatu Indonesia. Pada tahun 2010, kontribusi ekspor sepatu Indonesia ke Negeri Uwak Sam itu mencapai 22,6 persen dari total ekspor sepatu nasional yang sebesar 2,5 miliar dollar AS. "AS menjadi negara tujuan ekspor terbesar sepatu Indonesia," ujar Eddy di Jakarta, Selasa (21/6/2011).

Dengan kerja sama ini, Eddy berharap kontribusi eskpor sepatu ke AS bisa mencapai 30 persen dari total ekspor sepatu Indonesia. Sebaliknya, perusahaan sepatu AS juga memandang Indonesia sebagai mitra yang penting, baik sebagai pasar tujuan ekspor maupun sebagai pemasok sepatu (sourcing).

Matt Priest, Presiden FDRA, mengatakan, sebagai pasar tujuan ekspor, pasar sepatu Indonesia terus tumbuh dalam dua tahun terakhir. Hal ini terlihat dari kinerja ekspor sepatu AS ke Indonesia yang terus meningkat.

Pada tahun 2009, misalnya, ekspor sepatu AS ke Indonesia senilai 446 juta dollar AS. Setahun berselang, nilai itu naik menjadi 593 juta dollar AS. Hingga Juni 2011, ekspor sepatu ke Indonesia sudah sebesar 194 juta dollar AS, atau naik 32,1 persen dibanding Januari-Juni 2010 yang sebesar 147 juta dollar AS.

Indonesia juga menjadi mitra penting yang menopang pasokan sepatu AS. Banyak perusahaan AS yang melakukan subkontrak pembuatan sepatu dengan pabrik lokal Indonesia. Dengan adanya kerja sama ini, para produsen sepatu asal AS bakal gencar menjalin kerja sama dengan pemasok lokal. "Kami akan mencari lebih banyak lagi pemasok Indonesia," ungkap Priest.

Michael McBreen, Presiden Grup Operasional Global Wolverine World Wide HK Ltd bilang, perusahaannya sejauh ini sudah memiliki tiga pabrik joint venture dengan produsen lokal yang berada di Jakarta dan Surabaya. Ketiga pabrik itu berfungsi memasok sepatu Wolverine untuk kemudian dipasarkan ke negara-negara lain.

Meski begitu, menurut McBreen, China saat ini masih menjadi pemasok utama sepatu perusahaannya. Negeri Tirai Bambu itu menyumbang 70 persen dari total kebutuhan sepatu Wolverine. Namun, ia berharap kontribusi Indonesia bisa meningkat.

Itu sebabnya, selain bekerja sama dengan pemasok lokal, Wolverine juga terus menjajaki pembangunan pabrik baru di Indonesia. "Kami berharap pasokan sepatu dari Indonesia bisa meningkat menjadi 10 persen," kata McBreen.

Sayangnya, McBreen belum bisa menginformasikan di mana pabrik itu bakal dibangun. Selain meningkatkan pasokan sepatu dari Indonesia, Wolverine juga akan terus meningkatkan penjualan sepatunya di Indonesia.

McBreen mengatakan, penjualan produknya di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Sebagai informasi, Wolverine menawarkan produk yang khusus ditargetkan untuk konsumen atas karena harga sepatunya masuk kategori produk premium. (Veri Nurhansyah Tragistina/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com