Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Gelar Pameran Budaya Jepang

Kompas.com - 22/06/2011, 11:28 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Puluhan mahasiswa Fakultas Sastra Jepang dari 16 universitas se-Indonesia akan berkumpul dalam "Japan Education and Cultural Fair 2011" (JECUF 2011) di Kampus Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Sumdang, Jawa Barat, pada Kamis (23/6/2011) besok. Ketua Pelaksana JECUF 2011, Kiki Hermawan, mengatakan, JECUF 2011 merupakan pameran pendidikan dan kebudayaan Jepang tingkat nasional yang digelar pertama kali oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang Unpad.

Dalam acara yang berlangsung sejak Minggu (19/6/2011) hingga Sabtu (25/6/2011) akan digelar berbagai kegiatan dan kompetisi untuk mahasiswa, pelajar SMA, dan umum. Kompetisi itu di antaranya, kompetisi mengarang, menulis esai, pidato, dan membaca berita dengan menggunakan bahasa Jepang. Ada pula kompetisi menulis huruf kanji, katakana, dan hiragana. Kiki mengatakan, meski baru pertama kali digelar, antusiasme peserta sudah cukup tinggi.

"Untuk kategori mahasiswa berasal dari sejumlah universitas di Indonesia, seperti Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Udayana Bali. Bahkan, peserta kategori pelajar SMA ada yang berasal dari SMA di Sidoarjo, Samarinda, dan Balikpapan," ungkap Kiki, Rabu (22/6/2011).

Selain kompetisi, akan ada pameran kebudayaan dan pendidikan dari sejumlah universitas yang didatangkan langsung dari Jepang. Sebagai lanjutan dari hasil kegiatan ini, akan digelar juga kongres pembentukan Ikatan Mahasiswa Sastra Jepang se-Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com