Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagi Ini SBY Akan Beri Keterangan Pers

Kompas.com - 23/06/2011, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berencana memberikan keterangan pers mengenai kebijakan pemerintah terkait tenaga kerja Indonesia di luar negeri.

Menurut Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha, keterangan pers dijadwalkan digelar di Kantor Kepresidenan di Jakarta, Kamis (23/6/2011) pada pukul 09.00 WIB.

Persoalan perlindungan tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri kembali mencuat setelah pelaksanaan eksekusi hukuman mati terhadap TKI di Arab Saudi, Ruyati Binti Satubi, yang dilakukan tanpa pemberitahuan dari Pemerintah Arab Saudi kepada perwakilan Indonesia di negara tersebut.

Kementerian Luar Negeri RI telah mengeluarkan protes keras kepada Arab Saudi tentang eksekusi yang dilakukan tanpa mengikuti tata prosedur internasional itu. Duta Besar Arab Saudi pun telah mengaku lalai karena tidak memberi tahu perwakilan Indonesia di Arab Saudi.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri pada Rabu sore telah mengumumkan moratorium pengiriman TKI non-formal ke Arab Saudi. Moratorium mulai berlaku pada 1 Agustus 2011 sampai nota kesepahaman perlindungan TKI disepakati Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi.

Presiden Yudhoyono pada Rabu malam menggelar rapat mendadak yang dihadiri oleh Wakil Presiden Boediono, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, serta Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar.

Pada Kamis pagi pukul 10.30, Presiden Yudhoyono beserta menteri-menteri Kabinet Indonesia Bersatu II dijadwalkan menghadiri rapat konsultasi dengan pimpinan DPR. Salah satu agenda rapat adalah membahas perlindungan TKI di luar negeri.

Agenda Presiden pada Kamis dilanjutkan dengan sidang kabinet paripurna yang dimulai pada pukul 14.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com