3 Mahasiswa, 2 Siswa SMA Ikuti PPAN

Kompas.com - 24/06/2011, 15:22 WIB
EditorBenny N Joewono

SAMARINDA, KOMPAS.com - Lima pemuda dari Provinsi Kalimantan Timur berangkat ke Kanada, Jepang dan Malaysia, terkait program pertukaran pemuda antarnegara (PPAN).

Wakil Gubernur Kaltim Farid Wadjdy saat melepas lima pemuda tersebut di Samarinda, Jumat, mengharapkan mereka ikut mempromosikan aset dan potensi daerah ini di luar negeri.

Lima pemuda itu masing-masing Margana Tosa dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, yang mengikuti PPAN ke Malaysia, Nadia Mustika R (Unmul) ke Kanada, Rahmad Mihanda B (Unmul) ke Jepang, dan dua pelajar SMA Negeri 2 Samarinda ke Jepang.

Ia mengatakan, promosi ke luar negeri yang diharapkan dari lima pemuda itu antara lain menjelaskan tentang potensi kekayaan alam, wisata, investasi, lingkungan, pendidikan, maupun seni dan budaya yang tersebar di 14 kabupaten dan kota di Kaltim.

Lima pemuda tersebut sebelumnya mengikuti seleksi ketat yang dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim, di antaranya kemampuan bahasa asing, psikotes, pengetahuan umum, seni budaya, serta tes wawancara yang melibatkan Unmul, Dinas Pariwisata, dan Dinas Pendidikan.

Farid mengaku bangga dengan lima pemuda itu karena tidak semua orang memiliki kemampuan dan kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pemuda antarnegara.

"Saya atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan apresiasi tingi terhadap lima putra dan putri terbaik Kaltim yang masih berstatus mahasiswa dan pelajar ini, diharapkan ilmu dan wawasan mereka semakin bertambah," ujarnya.

Dia juga berpesan agar memperhatikan perilaku dan budaya karena selama di luar negeri para pemuda itu akan tinggal di rumah penduduk dan memiliki orang tua angkat. "Ambillah hal-hal yang positif selama di luar negeri, berlakulah sopan kepada semua orang," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.