Pendaftaran Sekolah Dilakukan Serentak

Kompas.com - 28/06/2011, 14:52 WIB
EditorBenny N Joewono

BIAK, KOMPAS.com - Pendaftaran siswa baru tahun ajaran 2011/2012 untuk berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Biak Numfor, Papua akan dilaksanakan serentak pada Kamis, 30 Juni hingga 7 Juli di sekolah masing-masing.

Sekretaris Dinas Pendidikan Biak Kamaruddin S.Pd yang dihubungi di Biak, Selasa mengharapkan, para kepala sekolah dan panitia penerimaan siswa baru memperhatikan surat edaran Dinas Pendidikan Pemuda Olah Raga Papua.

"Disdik (Dinas Pendidikan) telah mengeluarkan surat edaran terkait penerimaan siswa baru tahun ajaran 2010/2011 sebagai pijakan dalam melaksanakan pendaftaran murid baru," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kamaruddin, Selasa (27/6/2011).

Ia mengingatkan pihak sekolah untuk tidak melakukan punggutan terhadap biaya pendaftaran siswa baru, sesuai dengan Peraturan Gubernur Papua No 5 tahun 2009 tentang Pendidikan Gratis di Provinsi Papua.

Pihak Dinas Pendidikan Biak, lanjut Kamaruddin, akan memberikan sanksi tegas kepada sekolah yang tidak melaksanakan edaran Surat Keputusan Dinas Pendidikan dalam pendaftaran murid baru tahun ajaran 2011/2012.

"Selama proses pendaftaran siswa baru jajaran Disdik Biak melakukan pengawasan ketat. Jika ada sekolah melakukan penyimpangan dalam penerimaan murid` akan ditindak sesuai peraturan berlaku," ungkap Kamaruddin.

Menyinggung jatah siswa dengan ketersediaan ruang kelas, Kamaruddin mengatakan, sesuai alokasi ketersediaan ruang kelas dengan rasio siswa masih bisa ditampung.

Bahkan pada tahun ajaran 2011/2012, lanjut Kamaruddin, berdasarkan data ada penambahan sekolah baru yang beroperasi, di antaranya SD Bhayangkari, SD Persit, SD Muhammadiyah serta SMA negeri 1 Pai distrik kepulauan Padaido/Aimando.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SD Inpres Mandala Biak, Yubelina Rumbrapuk mengakui, pihak sekolah bersama panitia penerimaan siswa baru tahun ajaran 2011/2012 tetap melaksanakan jadwal penerimaan sesuai dengan surat edaran Dinas Pendidikan Biak.

"Manajemen sekolah SD Inpres Mandala siap menerima siswa baru sesuai jumlah ketersediaan kursi dan ruang kelas," ujarnya.

Sesuai data kelulusan SD pada tahun 2011, tercatat sekitar 2.500 siswa dan lulusan SMP mencapai 2.293 siswa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.