Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran Sekolah Dilakukan Serentak

Kompas.com - 28/06/2011, 14:52 WIB

BIAK, KOMPAS.com - Pendaftaran siswa baru tahun ajaran 2011/2012 untuk berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Biak Numfor, Papua akan dilaksanakan serentak pada Kamis, 30 Juni hingga 7 Juli di sekolah masing-masing.

Sekretaris Dinas Pendidikan Biak Kamaruddin S.Pd yang dihubungi di Biak, Selasa mengharapkan, para kepala sekolah dan panitia penerimaan siswa baru memperhatikan surat edaran Dinas Pendidikan Pemuda Olah Raga Papua.

"Disdik (Dinas Pendidikan) telah mengeluarkan surat edaran terkait penerimaan siswa baru tahun ajaran 2010/2011 sebagai pijakan dalam melaksanakan pendaftaran murid baru," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kamaruddin, Selasa (27/6/2011).

Ia mengingatkan pihak sekolah untuk tidak melakukan punggutan terhadap biaya pendaftaran siswa baru, sesuai dengan Peraturan Gubernur Papua No 5 tahun 2009 tentang Pendidikan Gratis di Provinsi Papua.

Pihak Dinas Pendidikan Biak, lanjut Kamaruddin, akan memberikan sanksi tegas kepada sekolah yang tidak melaksanakan edaran Surat Keputusan Dinas Pendidikan dalam pendaftaran murid baru tahun ajaran 2011/2012.

"Selama proses pendaftaran siswa baru jajaran Disdik Biak melakukan pengawasan ketat. Jika ada sekolah melakukan penyimpangan dalam penerimaan murid` akan ditindak sesuai peraturan berlaku," ungkap Kamaruddin.

Menyinggung jatah siswa dengan ketersediaan ruang kelas, Kamaruddin mengatakan, sesuai alokasi ketersediaan ruang kelas dengan rasio siswa masih bisa ditampung.

Bahkan pada tahun ajaran 2011/2012, lanjut Kamaruddin, berdasarkan data ada penambahan sekolah baru yang beroperasi, di antaranya SD Bhayangkari, SD Persit, SD Muhammadiyah serta SMA negeri 1 Pai distrik kepulauan Padaido/Aimando.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SD Inpres Mandala Biak, Yubelina Rumbrapuk mengakui, pihak sekolah bersama panitia penerimaan siswa baru tahun ajaran 2011/2012 tetap melaksanakan jadwal penerimaan sesuai dengan surat edaran Dinas Pendidikan Biak.

"Manajemen sekolah SD Inpres Mandala siap menerima siswa baru sesuai jumlah ketersediaan kursi dan ruang kelas," ujarnya.

Sesuai data kelulusan SD pada tahun 2011, tercatat sekitar 2.500 siswa dan lulusan SMP mencapai 2.293 siswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com