Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ML250 4Matic, Mobil Hemat Bahan Bakar

Kompas.com - 01/07/2011, 04:15 WIB

Hemat bahan bakar adalah pusat perhatian dari Mercedes Benz M-Class terbaru. M-Class generasi III itu mengonsumsi bahan bakar rata-rata 25 persen lebih hemat daripada pendahulunya.

ML250 Bluetec 4Matic adalah model yang terhemat dari seluruh jajaran M-Class. Mobil yang menyandang mesin diesel berkapasitas 2.1 Liter (2.143 cc), 4 silinder segaris, dan mengonsumsi 1 liter bahan bakar untuk menempuh perjalanan sejauh 16-17 kilometer. Model lainnya adalah ML350 Bluetec 4Matic yang menyandang mesin berkapasitas 3.0 Liter (2.987 cc), 6 silinder dalam konfigurasi V (V6), dan mengonsumsi 1 liter bahan bakar untuk menempuh perjalanan sejauh 13-14,5 kilometer.

Dilengkapi tangki bahan bakar dengan volume 70 liter, menjadikan ML250 Bluetec 4Matic dapat menempuh perjalanan sejauh 1.155 kilometer dengan sekali mengisi bahan bakar. Secara optional, tersedia tangki bahan bakar dengan volume 93 liter, yang menjadikan mobil itu dapat menempuh perjalanan hingga 1.488 kilometer. Itu berarti perjalanan dari Jakarta hingga Denpasar yang berjarak 977 kilometer dapat dilakukan tanpa harus mengisi bahan bakar tambahan.

Dengan tangki bahan bakar optional, pemilik ML250 Bluetec 4Matic baru akan mendatangi stasiun pengisian bahan bakar kembali setiap dua minggu sekali, dengan perkiraan setiap hari rata-rata pemiliknya melakukan perjalanan sejauh 100 kilometer.

Sebagai sport utility vehicle (SUV) yang dilengkapi penggerak empat roda serta asyik dikendarai di medan on-road dan off-road, konsumsi bahan bakar seperti itu luar biasa.

Dan, meskipun konsumsi bahan bakarnya hemat, mobil itu masih tetap dapat dipacu hingga kecepatan 100 kilometer per jam dari posisi berhenti dalam waktu 9 detik. Kecepatan maksimum ML250 Bluetec 4Matic adalah 204 kilometer per jam.

ML250 Bluetec 4Matic dijadwalkan akan mulai dijual pada awal tahun 2012. Walaupun harga jualnya belum diumumkan, diperkirakan di Indonesia harga on the road-nya lebih dari Rp 1 miliar. (JL)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com