Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Redam Konflik, Unpatti Tambah Kursi

Kompas.com - 07/07/2011, 18:35 WIB

AMBON, KOMPAS.com — Untuk meredam konflik seperti yang terjadi di Universitas Pattimura, Ambon, Maluku, pada Rabu kemarin, Rektor Unpatti HB Tetelepta mengatakan telah meminta penambahan mahasiswa baru di Unpatti sebanyak 600 orang kepada Kementerian Pendidikan Nasional.

"Permintaan ini sudah disetujui dan dalam waktu dekat Unpatti akan menggelar tes untuk mahasiswa tambahan baru," katanya seusai pertemuan dengan jajaran Muspida Maluku di Gedung Rektorat Unpatti, Kamis (7/7/2011).

Dia berjanji tidak akan ada diskriminasi dalam tes itu. Transparansi pun akan dikedepankan. Karena itu, dia meminta mahasiswa menyadari bahwa siapa pun mahasiswa yang diterima, sepenuhnya berdasarkan pada nilai yang diperoleh saat tes.

Seperti diketahui, sebelumnya konflik berujung bentrokan terjadi pada Rabu kemarin. Konflik dipicu kekecewaan sejumlah mahasiswa karena hasil tes penerimaan mahasiswa baru tidak mengacu pada kesepakatan Malino yang menjadi dasar perdamaian konflik sosial di Maluku tahun 1999.

Untuk meredam konflik sekaligus mencegah bentrokan terulang, kegiatan belajar-mengajar di Unpatti diliburkan. Mahasiswa baru akan masuk kembali pada Senin (11/7/2011).

Sementara itu, kondisi di Unpatti kemarin masih dijaga ketat oleh puluhan polisi bersenjata lengkap. Pecahan kaca, bebatuan, dan sisa-sisa benda, ataupun bangunan yang terbakar masih terlihat di sekeliling kampus. Sejumlah mahasiswa yang datang ke kampus terlihat ikut membersihkan gedung kuliah mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com