Mahasiswa Pembakar Kampus Kena Sanksi

Kompas.com - 08/07/2011, 16:23 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

AMBON, KOMPAS.com - Rektorat Universitas Pattimura (Unpatti), Ambon, Maluku akan memberikan sanksi kepada mahasiswa yang memicu bentrokan antarmahasiswa dan berujung perusakan sejumlah gedung Unpatti pada Rabu lalu.

Namun penjatuhan sanksi ini masih menunggu hasil penyelidikan oleh kepolisian. Pembantu Rektor III Unpatti Zainuddin Notanubun yang ditemui di Unpatti, Jumat (8/7/2011), mengatakan bentuk sanksi kepada mahasiswa tergantung pada kesalahan yang telah dibuatnya. Sanksi bisa berupa teguran atau langsung dikeluarkan dari Unpatti.

"Pemberian sanksi ini perlu sebagai efek jera kepada mahasiswa agar kejadian serupa tidak terulang," katanya.

Saat ini, Rektorat Unpatti tidak berani langsung memberikan sanksi karena khawatir memicu amarah mahasiswa yang justru bisa membuat bentrokan terjadi kembali. "Sanksi akan didasarkan pada hasil penyelidikan kepolisian. Kami akan terus berkoordinasi dengan mereka, menanyakan hasil penyelidikan terhadap kejadian Rabu lalu," ujarnya.

Sementara Kepala Kepolisian Resor Ambon Ajun Komisaris Besar Joko Susilo mengatakan telah memeriksa sejumlah saksi. "Namun hingga kemarin belum ada satupun yang ditetapkan tersangka. Kami masih menyelidiki," ujar Joko.

Joko berdalih, polisi tidak langsung menangkap orang-orang yang merusak gedung Unpatti ataupun terlibat bentrokan pada saat peristiwa terjadi Rabu lalu karena khawatir membuat bentrokan dan kerusakan yang ditimbulkan lebih besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.