Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Pembakar Kampus Kena Sanksi

Kompas.com - 08/07/2011, 16:23 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Rektorat Universitas Pattimura (Unpatti), Ambon, Maluku akan memberikan sanksi kepada mahasiswa yang memicu bentrokan antarmahasiswa dan berujung perusakan sejumlah gedung Unpatti pada Rabu lalu.

Namun penjatuhan sanksi ini masih menunggu hasil penyelidikan oleh kepolisian. Pembantu Rektor III Unpatti Zainuddin Notanubun yang ditemui di Unpatti, Jumat (8/7/2011), mengatakan bentuk sanksi kepada mahasiswa tergantung pada kesalahan yang telah dibuatnya. Sanksi bisa berupa teguran atau langsung dikeluarkan dari Unpatti.

"Pemberian sanksi ini perlu sebagai efek jera kepada mahasiswa agar kejadian serupa tidak terulang," katanya.

Saat ini, Rektorat Unpatti tidak berani langsung memberikan sanksi karena khawatir memicu amarah mahasiswa yang justru bisa membuat bentrokan terjadi kembali. "Sanksi akan didasarkan pada hasil penyelidikan kepolisian. Kami akan terus berkoordinasi dengan mereka, menanyakan hasil penyelidikan terhadap kejadian Rabu lalu," ujarnya.

Sementara Kepala Kepolisian Resor Ambon Ajun Komisaris Besar Joko Susilo mengatakan telah memeriksa sejumlah saksi. "Namun hingga kemarin belum ada satupun yang ditetapkan tersangka. Kami masih menyelidiki," ujar Joko.

Joko berdalih, polisi tidak langsung menangkap orang-orang yang merusak gedung Unpatti ataupun terlibat bentrokan pada saat peristiwa terjadi Rabu lalu karena khawatir membuat bentrokan dan kerusakan yang ditimbulkan lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com