Sarjana Teknik Belum Tentu Insinyur

Kompas.com - 09/07/2011, 08:36 WIB
EditorKistyarini

SURABAYA, KOMPAS.com - Persatuan Insinyur Indonesia (PII) meluruskan persepsi kebanyakan masyarakat yang menganggap semua lulusan sarjana teknik itu insinyur.

Ketua Umum PII, Muhammad Said Didu usai pelantikan pengurus PII Jatim di Surabaya, Jumat (8/7/2011) sore, mengatakan, gelar sarjana teknik adalah gelar akademik, sementara insinyur adalah gelar profesi.

'Karena itu, sarjana teknik yang ingin memiliki gelar profesi harus melalui pendidikan yang diselenggarakan organisasi profesi dalam hal ini PII,' katanya.

Gelar insinyur menurutnya juga dapat diberikan kepada siapa saja, tidak harus dari kalangan sarjana teknik, asalkan yang bersangkutan telah bekerja dalam bidang rekayasa teknik untuk melakukan nilai tambah, daya guna dan pelestarian.

Ketua PII terpilih Jatim periode 2011-2014, Ridwan Hisjam menambahkan, penyelenggaraan pendidikan khusus untuk gelar profesi insinyur di Jatim dikerjasamakan dengan dua perguruan tinggi ternama yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), dan Universitas Brawijaya Malang.

Hasil kesepakatan dengan dua perguruan tinggi itu menyebutkan, pendidikan profesi ini akan ditempuh dalam 60 jam, dan rencananya akan dilaksanakan pada tenggat waktu mahasiswa menjelang wisuda.'Jadi setelah lulus, mahasiswa sudah memperoleh sertifikat profesi insinyur,' katanya.

Program tersebut rencananya akan ditetapkan dalam Rapat Pimpinan Pengurus PII di Jakarta pertengahan Juli mendatang, dan Jatim ditunjuk sebagai pilot project penyelenggaraan pendidikan profesi itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.