Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Tim Unpad Siap Berlaga di Pimnas 2011

Kompas.com - 11/07/2011, 14:58 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Sebelas tim mahasiswa Universitas Padjadjaran Bandung siap berlaga dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXIV di Universitas Hasanuddin, Makassar,  mulai 18-23 Juli 2011. Sebelas tim ini tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Unpad dan akan berkompetisi dengan ratusan tim lain dari universitas seluruh Indonesia.

"Untuk tahun ini, jumlah tim PKM yang lolos mengalami peningkatan bila dibandingkan tahun lalu," ungkap salah seorang anggota tim mahasiswa Unpad, Gatra Dwiyasa Johari, Senin (11/7/2011).

Menurut mahasiswa Fakultas Pertanian ini, sebelas tim PKM yang lolos tahun ini terdiri dari empat bidang PKM, yaitu PKM Kewirausahaan, Pengabdian pada Masyarakat, Teknologi, dan PKM Gagasan Tertulis. Untuk bisa lolos ke pimnas, tim-tim tersebut harus melewati dua kali proses seleksi yang sangat ketat.

Tim-tim tersebut datang dari berbagai latar ilmu yang berbeda. Setiap tim maksimal terdiri dari lima mahasiswa dari berbagai fakultas di Unpad.

"Tim saya pun terdiri dari lintas fakultas, yaitu Fakultas Pertanian dan MIPA," kata Gatra.

Perbedaan latar ilmu tersebut memungkinkan para peserta untuk berkolaborasi dalam menciptakan suatu terobosan. Tim Gatra misalnya, ia dan rekan-rekannya mengajukan proposal program pengabdian masyarakat yang menggabungkan disiplin ilmu pertanian dan fisika.

"Kami membuat pompa air yang bisa mengairi lahan pertanian yang bersengkedan. Jadi, meski pompa berada di bawah, tetap bisa mengairi lahan sengkedan yang posisinya lebih tinggi," kata Gatra.

Gatra menambahkan, pompa yang mengandalkan energi air ini dibuat sejak Januari lalu dan sudah diaplikasikan di Desa Hegarmanah, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

"Pompa hidrolik ini sudah kami uji cobakan di sebuah desa dekat lingkungan kampus kami. Sebelumnya kami juga sudah melakukan penyuluhan untuk petani setempat," ungkapnya.

Sejauh ini, Gatra dan rekan-rekan mengaku sudah siap dalam menghadapi pimnas. "Apa pun hasilnya, pengabdian masyarakat ini akan terus kami lanjutkan," kata Gatra.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com