Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MOS? Bisa "Sersan" Tanpa Kekerasan!

Kompas.com - 12/07/2011, 09:56 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Masa orientasi siswa (MOS) selalu menjadi acara rutin yang digelar untuk menyambut siswa baru. Seperti apa konsep MOS sejumlah sekolah pada penyambutan siswa baru tahun ini? Salah satu sekolah yang dipantau Kompas.com adalah SMA Negeri 68 Jakarta, Matraman, Jakarta Pusat.

Umumnya, MOS identik dengan kekerasan atau perploncoan oleh senior kepada siswa baru. Namun, hal ini dihindari oleh SMA 68. Cara-cara kekerasan sudah dihapuskan dan digantikan dengan konsep santai, tetapi serius. 

Ketua OSIS SMA 68 Annisa Riski Kusuma Putri mengatakan, konsep yang dirancang pada penyambutan siswa baru sengaja dikonsep agar para "penghuni" baru merasa senang dan betah di sekolah barunya.

"Konsep acara ini sudah berjalan selama beberapa tahun. Jadi, siswa baru banyak mendapat pengetahuan bukan malah merasa dikerjai," ujarnya saat ditemui di SMA 68, Jakarta, Selasa (12/7/2011).

Dengan mengusung tema Activities of Adaptation for Preparing Your Mind about the Highschool Agenda atau disingkat dengan Academica, sekolah ini mengadakan kegiatan tersebut pada 9-13 Juli 2011 dan diikuti oleh 254 siswa baru. 

Annisa mengatakan, acara yang dilakukan merupakan pengenalan sekolah dan pembentukan rasa cinta sekolah. Para siswa juga diajarkan bagaimana mengelola diri, character building, dan kepemimpinan.

"Jadi, MOS yang terkenal karena perploncoan sudah tidak ada. Sebab, kami juga tidak setuju dengan kekerasan. Jika ada kekerasan, hal tersebut akan terus berlanjut. Sebab, siswa tersebut akan balas dendam kepada yunior berikutnya, hal inilah yang kami hindari. Jadi, konsep serius, tetapi santai merupakan konsep yang bagus," tuturnya.

Selain itu, SMA 68 bekerja sama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya mengadakan sosialisasi berkendara yang baik. Kegiatan tersebut dilakukan dalam selingan kegiatan MOS dan berlangsung setiap tahun. Pemberian materi mengenai tata cara berlalu lintas ini dibawakan oleh Aiptu Suprapto.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com