Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek RS UNJA Tak Terkait Nazaruddin

Kompas.com - 15/07/2011, 19:50 WIB

JAMBI, KOMPAS.com - Rektor Universitas Jambi (UNJA) Kemas Arsyad Somad mengatakan proyek pembangunan rumah sakit di Kampus Pinang Masak tidak ada kaitannya dengan Nazaruddin seperti yang diberitakan media massa.

Dia juga mengatakan bahwa semua kegiatan yang berhubungan dengan pembangunan pusat layanan kesehatan di lingkungan kampus itu sudah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, termasuk juga prosedur lelang tendernya dilakukan secara transparan.

"Apapun bentuk proyek sesuai aturan main. Tidak ada mark up dan dilakukan secara transparan," jelas Kemas Arsyad Somad menjawab pertanyaan terkait berkembangnya informasi bahwa pembangunan rumah sakit milik universitas negeri itu ada kaitannya dengan kasus Nazaruddin sebagaimana yang banyak diberitakan media massa.

Bahkan, Pria itu juga membatah jika dirinya dihubung-hubungkan dengan Rosalina Mindo Manulang sebagaimana yang diberitakan bahwa pada bulan November 2010 lalu, kampusnya disebut-sebut dalam isi pembicaraan wanita yang diduga terlibat suap dengan Nazaruddin.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pembangunan rumah sakit tersebut merupakan program dari pusat dan dilakukan oleh seluruh universitas se-Indonesia. Adanya proyek itu baginya sangat bermanfaat bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran UNJA dan masyarakat Jambi.

Disamping itu, Rektor juga menegaskan jika masalah proyek pembangunan rumah sakit UNJA tersebut bukan tanggung jawanya. Tanggung jawab pekerjaan ada pada Kepala Proyek Universitas jambi.

Sementara itu Kepala Proyek Syarif juga membantah bahwa PT Duta Graha Indah (DGI) menang tender karena ada "main belakang." Menurut dia perusahaan itu menang secara bersih dan tidak ada kaitannya dengan mantan pengurus demokrat tersebut.

Dia juga menerangkan bahwa proses pembangunan rumah sakit menggunakan dana APBN sebesar Rp 37 milyar yang digarap sejak tahun 2010 dengan lama waktu pengerjaan selama 3 periode. Satu periode dilakukan selama 1 tahun.

Hanya saja, pada 2011 ini pekerjaan mengalami hambatan dan sempat terhenti selama dalam 3 bulan karena proses pekerjaan tergantung dana yang dikucurkan pusat.

Namun dia dapat memastikan, jika sesuai jadwal maka pembangunan rumah sakit kampus itu akan rampung pada tahun 2013 mendatang.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com