Terkait Pungli Kinerja Kepsek Dievaluasi

Kompas.com - 15/07/2011, 19:55 WIB
EditorBenny N Joewono

JAMBI, KOMPAS.com — Wali Kota Jambi Bambang Priyanto menyatakan, pihaknya akan mengadakan evaluasi terhadap kinerja kepala sekolah terkait banyaknya laporan tentang dugaan pungutan sekolah usai penerimaan siswa baru.

Untuk menindaklanjuti laporan tersebut, pihaknya akan mengintruksikan dinas pendidikan dan inspektorat mengadakan evaluasi khusus, katanya di Jambi, Jumat (15/7/2011).

"Sudah sejak lama, bahkan tahun lalu saya tegaskan agar pihak sekolah jangan pernah melakukan pungutan. Namun, masih saja ada laporan tersebut," katanya.

Dia menjelaskan, evaluasi tersebut akan dilakukan secara menyeluruh terhadap seluruh kepala sekolah dan guru SD hingga SLTA, termasuk di dalamnya sistem pelaksanaan PSB di tiap sekolah.

Dari evaluasi tersebut akan diketahui sekolah-sekolah mana saja yang telah melaksanakan sistem PSB secara baik dan benar.

"Kami akan panggil seluruh pihak terkait, dinas maupun pengawas. Jika ada yang tidak sesuai aturan atau bahkan melakukan pungutan, tentunya akan diberikan sanksi sesuai aturan yang ada," tegas Bambang.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Jambi, M Zayadi, menyarankan proses PSB dilakukan khusus oleh tim independen mengingat ada laporan bahwa pungutan sekolah masih terus terjadi setiap PSB.

"Sebagian besar laporan masuk ke DPRD, kami prihatin dengan kondisi ini. Untuk itu, DPRD akan membahas bagaimana supaya PSB di Kota Jambi bisa terlaksana dengan baik," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.