Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Pendidikan Ditambah

Kompas.com - 19/07/2011, 18:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Boediono mengatakan, pemerintah sepakat usulan penambahan anggaran pendidikan pada tiga kementerian yaitu Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Kementerian Agama, serta Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Penambahan anggaran ini akan dimasukkan ke dalam APBN-P 2011. Penambahan anggaran akan segera dibahas di tDPR RI.

Demikian disampaikan Juru Bicara Wapres, Yopie Hidayat, setelah mendampingi Wapres pada rapat komite pendidikan di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (19/7/2011).

"Angkanya, belum bisa disebutkan," kata Yopie kepada para wartawan.

Wapres Boediono meminta Kemendiknas, yang diperkirakan mendapatkan tambahan anggaran sebesar Rp 10 triliun, menggunakannya untuk pembiayaan program yang belum terlaksana.

Sebagian tambahan anggaran ini juga diharapkan dapat digunakan untuk pos beasiswa.

Wapres juga meminta Kementerian Agama menggunakan tambahan anggaran yang diperkirakan sebesar Rp 3,5 triliun, untuk meningkatkan kualitas guru-guru madrasah yang tersebar di seluruh Indonesia. Kementerian Agama juga diminta untuk memperbaiki fasilitas olahraga, seni, dan budaya.

Upaya ini, kata Yopie, salah satu upaya untuk mengurangi paham ekstrimisme di sekolah agama. "Wapres juga meminta Kementerian Agama menggunakan tambahan anggaran ini untuk memetakan dan mendata madrasah dan sekolah agama di seluruh Indonesia. Hal ini akan memudahkan pembinaan," kata Yopie.

Kementerian Tenaga Tenaga Kerja dan Transmigrasi juga diminta agar menggunakan tambahan anggaran untuk meningkatkan pelatihan kerja bagi calon tenaga kerja Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com