Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2012, Papua Punya "E-Library"!

Kompas.com - 20/07/2011, 16:17 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Badan Perpusatakaan Daerah Provinsi Papua akan memiliki perpustakaan elektronik atau e-library pada tahun 2012. Adanya perpustakaan elektronik ini ditujukan untuk meningkatkan minat baca dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses informasi yang diperlukan. Ditargetkan, tahun 2012, e-library sudah bisa diakses di Papua.

"Pada 2012,  Papua akan memiliki e-library atau perpustakaan elektronik yang  memberikan kemudahan masyarakat Papua mengakses informasi," kata Kepala Bidang Pelayanan Pustaka dan Dokumentasi Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Mangadar Gultom, SH, SS, di Jayapura, Rabu (20/7/2011).

Dia mengatakan, perpustakaan elektronik tersebut diadakan dengan sumber dana dari APBD Provinsi Papua, yang dialokasikan untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam hal membaca serta mengakses informasi yang diperlukan.

"Sekitar 15 hingga 20 unit perangkat komputer akan mendukung perpustakaan elektronik dengan pendanaan bersumber dari APBD Provinsi Papua," katanya.

Saat ini, tengah dijajaki kerjasama dengan berbagai universitas ternama dan terlengkap di luar Papua agar memiliki koneksi dan akses informasi yang dibutuhkan. Terutama, untuk buku-buku pelajaran sekolah, selain mendapatkan akses informasi dari Badan Perpustakaan Nasional.

"Dan tidak menutup kemungkinan akan bekerja sama juga dengan sejumlah kedutaan yang ada di Jakarta," ujar Mangadar.

Ketika ditanya minat masyarakat Papua khususnya di Kota Jayapura mendatangi perpustkaan, Gultom mengungkapkan, pada masa liburan pengunjung perpustakaan mencapai 500 hingga 600 orang per hari. Kemudahan pencarian informasi di dunia maya, menurutnya, tidak mengurangi minat masyarakat ke perpustakaan.

Gultom juga mengatakan, saat ini perpustakaan provinsi Papua memiliki kurang lebih 160.000 buku dengan 50.000-60.000 judul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com