Nuh: Rp 2,9 Triliun untuk Siswa Miskin

Kompas.com - 22/07/2011, 17:54 WIB
EditorInggried

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) siap menggelontorkan subsidi biaya pendidikan sekitar Rp 2,9 triliun untuk siswa miskin tingkat SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia. Dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2011 yang telah ditetapkan oleh DPR sekitar Rp 11,7 triliun, beberapa hari lalu.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh menjelaskan, anggaran tersebut baru dapat dicairkan pada Agustus tahun ini. Ia mengungkapkan, dana tersebut akan disalurkan melalui beberapa program dalam jangka waktu tidak lebih dari tiga bulan atau selambat-lambatnya tidak melewati akhir tahun 2011.

"Ini bukan beasiswa prestasi. Kriteria penerimanya adalah siswa miskin dan kami tidak berani menyalurkannya lebih dari empat bulan, kami takut sudah sudah melewati tahun anggaran," kata Nuh kepada wartawan saat membuka workshop forum wartawan pendidikan, Jumat (22/7/2011), di Jakarta.

Adapun program yang telah disiapkan oleh Kemdiknas adalah beasiswa yang difokuskan agar selesai dalam jangka waktu dua sampai tiga bulan mengingat saat ini bertepatan dengan tahun ajaran baru. Untuk itu, selanjutnya Kemdiknas akan berkonsultasi dengan Komite Pendidikan Nasional (KPN), yang dimpimpin langsung oleh Wakil Presiden Boediono.

"Kami akan segera berkonsultasi dengan KPN supaya program ini mendapat dukungan semua kalangan," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.