Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pramuka Indonesia ke Jambore Dunia

Kompas.com - 23/07/2011, 02:34 WIB

Jakarta, Kompas  - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka melepas 191 anggota kontingen Pramuka Indonesia menuju Jambore Pramuka Sedunia Ke-22 di Kristianstad, Swedia. Kontingen Pramuka Indonesia yang akan mengikuti Jambore Dunia bersama sekitar 40.000 peserta lainnya dari 160 negara pada 27 Juli-7 Agustus tersebut dilepas Presiden SBY di Istana Negara, Jakarta, Jumat (22/7).

Hadir dalam acara pelepasan kontingen tersebut, antara lain, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng, Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, Menteri Agama Suryadharma Ali, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Azrul Azwar melaporkan, kontingen Pramuka Indonesia sebanyak 133 orang, di antaranya merupakan pelajar yang menjadi anggota pramuka penggalang dan penegak. Sebelum bertolak ke Swedia, mereka mendapatkan pemantapan selama dua hari di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta. 

Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah anggota Pramuka terbanyak di dunia, yakni sekitar 22 juta orang. Jumlah anggota Pramuka dari 160 negara kini sekitar 38 juta orang.

Pada pelaksanaan Jambore Dunia, kontingen Pramuka juga akan menggelar Indonesian Day untuk memperkenalkan keragaman budaya Indonesia, seperti seni angklung, seni batik, dan permainan tradisional.

Presiden mengatakan, kontingen pramuka yang berangkat ke Jambore Pramuka Sedunia merupakan duta bangsa.

(ELN/ATO)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com