Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Studi ke Belanda Meningkat

Kompas.com - 23/07/2011, 20:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studi ke Belanda mengalami peningkatan setiap tahunnya. Meski tak menyebut jumlah pastinya, Sekretaris Satu Pendidikan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, Arnold van der Zanden mengungkapkan, ada tren peningkatan yang patut diapresiasi. Hal itu dikatakan Arnold, seusai acara pre-departure briefing calon mahasiswa yang akan segera diberangkatkan ke Belanda, Sabtu (23/7/2011), di Erasmus Huis, Jakarta.

"Setiap tahun ada sekitar 250-300 pelajar Indonesia yang ke belanda untuk sekolah. Sekarang, ada sekitar 1500 mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang belajar di Belanda," ujar Arnold.

Mahasiswa yang melanjutkan studi ke Belanda, lanjutnya, bukan hanya dibiayai oleh beasiswa. Tetapi, mahasiswa yang studi dengan biaya sendiri juga mengalami peningkatan.

"Bukan hanya dari scholarship, tapo dari pembiayaan sendiri juga meningkat. Apakah itu dari keluarga, perusahaan, selalu ada peningkatan setiap tahunnya," kata dia.

Pada tahun 2011 ini, pemerintah Belanda setidaknya mengucurkan dana beasiswa bagi mahasiswa asal Indonesia sebesar 5-6 juta euro atau setara dengan 7-8 juta dollar AS. Meski saat ini Eropa tengah dilanda krisis, Arnold menekankan, pemberian dana beasiswa kepada mahasiswa Indonesia tetap menjadi prioritas.

Sementara itu, Direktur Eropa Barat Kementerian Luar Negeri Dewa Made Juniarta Sastrawan mengapresiasi peningkatan minat studi ke Belanda. Apalagi, sebesar 40 persen dari jumlah mahasiswa Indonesia berangkat dengan pendanaan sendiri. Ia mengharapkan, para mahasiswa yang melanjutkan studi di Belanda bisa memberikan kontribusi positif bagi hubungan kedua negara.

"Selain belajar, gunakan kesempatan untuk mengenal budaya Belanda. Hal ini menandakan bahwa semakin banyak warga kita yang mengenal Belanda, maka semakin baik hubungan bilateral kita. Keberadaan mahasiswa ini sangat menunjang untuk hubungan kerjasama bilateral lainnya," kata dia.

Arnold juga berharap, kesempatan mengenyam pendidikan di Negara Kincir Angin itu bisa dimanfaatkan para mahasiswa Indonesia untuk mengambil hal-hal positif yang dipelajarinya.

"Apakah itu untuk masa depan negara, perusahaan, atau dimanapun mengabdi. Reputasi pendidikan di Belanda baik. Dibandingkan dengan negara lain, pelajar Indonesia sukses. Sebesar 98 persen pelajar dari Indonesia, selalu menyelesaikan sekolah dan kembali ke Tanah Air. Semoga dapat memberikan kontribusi pada negaranya," kata Arnold.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com