PENDIDIKAN

Siswa Miskin di PTN Kesulitan Dana

Kompas.com - 25/07/2011, 13:54 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

DEPOK, KOMPAS.com — Tiga siswa miskin yang bersekolah di Yayasan Bina Insan Mandiri Kota Depok mampu menembus perguruan tinggi negeri. Meski sudah berhasil, mereka menghadapi persoalan baru, yaitu menutupi biaya masuk kuliah. Sayangnya, belum semua PTN memahami kondisi ekonomi calon mahasiswa.

Tiga siswa miskin itu adalah Muhammad Muar (19), Dody Dores (19), dan Tuti (20). Muar diterima di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Muar merupakan anak tukang sayur di Pasar Lama Dewi Sartika, Depok. Berikutnya Dody, anak tukang ojek yang diterima di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia. Sementara Tuti berhasil diterima di Fakultas Adab, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Tuti merupakan siswa asal Jawa Timur.

"Saya diterima di jalur UMB (ujian masuk bersama). Biaya masuknya lebih mahal dari melalui jalur reguler. Panitia penerimaan menyampaikan, saya harus menyiapkan uang Rp 5,650 juta," kata Muar saat ditemui Kompas, Senin (25/7/2011), di Depok.

Selain biaya itu, Muar harus membayar sumbangan wajib Rp 180.000. Ketika ditanya soal kemampuan membayar, Muar tertawa getir. Dia mendatangi kantor Yayasan Bina Insan Mandiri yang ada di tengah Terminal Depok. Muar termenung membolak-balikkan bendel fotokopi biaya pendaftaran.

Orangtuanya mendukung sepenuhnya keinginan Muar. "Mereka bilang, mendukung dengan doa," kata remaja yang ingin menjadi pengusaha restoran ini.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.