"Merdeka 3" ITS Akan Berlayar di Irlandia

Kompas.com - 25/07/2011, 18:03 WIB
EditorInggried

SURABAYA, KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mulai mempersiapkan diri menuju ajang bahari internasional Atlantic Challenge 2012. Ajang ini akan berlangsung di Irlandia pada tahun 2012 mendatang. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ITS,  Maritime Challenge memperkenalkan kapal layar baru dengan nama "Merdeka 3" yang tengah dalam proses perakitan, Senin (25/7/2011). Merdeka 3 akan diikutsertakan dalam ajang internasional tersebut.

"Sebagai bentuk dedikasi ITS kepada perkembangan bahari Indonesia, dan sebagai bentuk apresiasi terhadap seni budaya dan teknologi Indonesia, ITS kembali melakukan pembangunan perahu yang memadukan unsur seni dan budaya Indonesia, dengan seni konstruksi kapal kayu," kata pembina proyek, Prof Dr Ir Daniel M Rosyid Daniel, saat pemasangan gading pertama kapal, di Bengkel Nonmetal PPNS ITS, Surabaya, Jawa Timur.

Menurutnya, konsep inovasi yang akan diterapkan di beberapa bagian konstruksi juga menampilkan unsur budaya nusantara, diantaranya dengan penerapan tekonologi bambu laminasi dan corak ornamen yang membalut beberapa bagian kapal.

"Bambu menjadi pilihan yang lebih baik daripada kayu karena seratnya yang panjang menjadikannnya lebih kuat daripada kayu biasa. Selain itu, kombinasi antara bambu laminasi dan kayu lokal akan menambah kekuatan konstruksi dengan ukuran desain yang lebih kecil, artinya bobot kapal bisa direduksi," tambahnya.

Seluruh anggota tim optimistis kapal layar dayung berjenis Yole de Bantry kali ini akan jauh lebih baik dari kapal Garuda yang digunakan saat berlaga di Kanada tahun lalu. Kapal layar Garuda yang kini menjadi duta Indonesia dan menjadi "Icon Boat" di "Tromolino Project International Maritime Heritage" di Amerika Serikat, masih memiliki beberapa kekurangan terutama menyangkut stabilitas saat berlayar.

Oleh karena itu, beberapa rancangan desain untuk kapal ini telah mengalami modifikasi untuk mengatasi persoalan tersebut. Selain mempersiapkan kontruksi kapal, berbagai latihan juga telah dilaksanakan untuk membangun kesiapan calon kru saat bertanding bersama pemuda-pemudi dari 15 negara dari Eropa dan Amerika nanti. Bentuk latihan antara lain teknik dasar berlayar, navigasi laut, tali-temali, dan dayung rowing.

"Seleksi kru akan berlangsung ketat. Calon kru yang berasal dari berbagai jurusan di ITS akan melewati beberapa tahapan sebelum menjadi kru kapal," kata pimpinan proyek, Sufian Imam Wahidi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.