UGM Akan Buka 5 Program Studi Baru - Kompas.com

UGM Akan Buka 5 Program Studi Baru

Kompas.com - 27/07/2011, 17:16 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM) akan membuka lima program studi baru. Hal itu dikatakan Wakil Rektor Senior Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Retno Sunarminingsih, Rabu (27/7/2011), di Yogyakarta.

"Kelima program studi adalah Program D3 Metrologi dan Instrumentasi, Magister Manajemen Bencana, Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Program S2 Keperawatan, dan Program S2 Kebidanan," kata Retno, disela upacara wisuda pascasarjana UGM, hari ini.

Menurut dia, tiga dari lima program studi tersebut akan dibuka tahun ini. Adapun, program S2 Keperawatan dan S2 Kebidanan dibuka tahun depan.

"Kami berharap kehadiran program studi baru tersebut dapat memperkuat kinerja UGM, khususnya Program Pascasarjana," ujar Retno.

Ia mengatakan, UGM dalam 10 tahun terakhir terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas lulusan Program Pascasarjana. "Salah satunya melalui penjaminan mutu proses akademik maupun peningkatan kerja sama dengan perguruan tinggi internasional yang berkualitas," katanya.

Menurut dia, peningkatan mutu program studi juga dilakukan UGM melalui internasionalisasi program studi, yakni pengembangan kerja sama dengan universitas internasional bermutu. Kerjasama itu meliputi pertukaran dosen dan mahasiswa, penyelenggaraan program gelar ganda, dan penelitian.


EditorInggried

Close Ads X