Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMA 48 Raih Juara II

Kompas.com - 28/07/2011, 15:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Enam siswa SMA Negeri 48 Pinangranti, Jakarta Timur, berhasil menyabet juara II dalam kompetisi Think Quest International 2011.

Sebagai bentuk penghargaannya, mereka masing-masing mendapatkan laptop senilai 1.200 dollar AS dan diundang ke kantor Think Quest di San Fransisco, Amerika Serikat, pada awal Oktober 2011.

Keenam siswa SMAN 48 yang masih duduk di kelas XI ini adalah Ikhsan, Villia, Muhammad Labib, Faisal, Tuwendy, dan Ben Hadi. Mereka membuat proyek pembuatan kertas dan plastik dari bahan-bahan yang ramah lingkungan, yakni bambu, ganggang, dan kentang.

Proyek yang diberi nama Make Plastics and Papers Become the Earth's Friends ini kemudian dikirimkan ke thinkquest.org dan dilombakan dengan peserta-peserta dari negara lain.

Terhadap penemuan tersebut, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyatakan rasa bangganya terhadap kreatifitas, inovasi, dan keberanian mereka di ajang perlombaan bergengsi tingkat internasional.

Untuk itu, dia langsung memberikan piagam penghargaan dan laptop bagi keenam siswa tersebut. "Sungguh ini sesuatu yang sangat membanggakan. Saya harap kalian terus mengasah kemampuan, kreativitas, dan keinginan untuk terus belajar agar prestasi lebih tinggi," kata Fauzi di Balaikota DKI, Jakarta, Kamis (28/7/2011).

Dalam kesempatan itu, keenam siswa itu diberi kesempatan untuk memaparkan hasil percobaan mereka di depan Gubernur, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Fadjar Pandjaitan, dan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto. Mereka memaparkan dengan menggunakan Bahasa Inggris yang sangat lancar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com