Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jambore Pramuka Dunia Dibuka

Kompas.com - 29/07/2011, 03:45 WIB

Kristianstad, Kompas - Jambore Pramuka Dunia atau World Scout Jamboree ke-22 yang berlangsung tiap empat tahun resmi dibuka di Bumi Perkemahan Rinkaby, Kristianstad, Swedia, Kamis (28/7) malam waktu setempat. Kegiatan bertema Simply Scouting ini diikuti sekitar 33.000 anggota Pramuka dari 150 negara.

Jambore berupa perkemahan dengan beragam aktivitas ini akan berlangsung hingga 6 Agustus mendatang. Seperti dilaporkan wartawan Kompas Ester Lince Napitupulu dari lokasi jambore di Swedia semalam, sekitar 75 persen peserta merupakan anggota Pramuka muda berusia 14-18 tahun.

Keunikan dari Jambore Pramuka Dunia ini, antara lain, banyaknya relawan yang datang dari negara peserta untuk membantu pelaksanaan jambore.

Ketua Kontingen Indonesia untuk Jambore Pramuka Dunia, Brata T Hardjosubroto, mengatakan, saat ini tercatat hampir 40 juta anggota Pramuka dewasa dan muda yang tersebar di 161 negara di dunia yang tergabung dalam Organisasi Dunia Gerakan Pramuka (World Organization of the Scout Movement). ”Indonesia merupakan negara yang memiliki anggota Pramuka terbanyak di dunia, yaitu sekitar 22 juta,” ujarnya.

Mike Bosman, Ketua Yayasan Pramuka Dunia (World Scout Foundation), mengatakan, nilai-nilai dasar dari gerakan pramuka harus lebih banyak dikembangkan pada generasi muda.

Marie Reinicke, Ketua Tim Eksekutif Jambore, mengatakan, Jambore Pramuka Dunia merupakan ajang pertemuan lintas budaya, agama, dan batas-batas geografis bagi semua anggota Pramuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com