Membuat "Personal Statement" yang Memukau

Kompas.com - 01/08/2011, 09:28 WIB
EditorInggried

KOMPAS.com - Sebagian besar aplikasi beasiswa mensyaratkan adanya surat pernyataan pribadi atau personal statement. Surat ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk menunjukkan keunikan dan potensi yang dimiliki kepada dewan penilai. Bahkan, kekuatan personal statement ini akan menentukan apakah Anda layak menjadi pemenang diantara kandidat lainnya. Hal yang dimuat dalam personal statement ini diantaranya mengena alasan memilih kuliah di negara tertentu dan pelajaran apa yang akan bisa didapatkan serta menunjang kesuksesan di masa yang akan datang. Jangan lupa, dalam penulisannya juga harus menunjukkan kemampuan bahasa Inggris yang baik.

Bagaimana membuat personal statement yang dahsyat? Tips yang dibuat oleh Hotcourses Indonesia ini mungkin bisa membantu. Silakan simak!

First thing’s first:
Yang perlu diketahui, pernyataan pribadi harus berisi pesan positif tentang diri Anda. Tunjukkan keunikan pribadi dan antusiasme Anda terhadap kesempatan kuliah di perguruan tinggi tersebut. Gaya penulisan personal statement setiap orang berbeda. Ada yang menggunakan metode menulis esai, atau membuatnya per bagian yang terdiri dari paragraf-paragraf.

Mulailah dengan menulis paragraf pengantar yang menarik perhatian.

- Jangan pernah copy-paste atau menjiplak personal statement orang lain. Tindakan plagiat adalah hal serius dalam dunia akademis dan tentunya akan merugikan Anda.
- Jujur. Jangan berbohong tentang kemampuan dan prestasi Anda.
- Jangan menyertakan informasi yang tidak relevan dalam tulisan Anda.
- Jangan menulis ulang informasi yang sudah tercantum dalam formulir aplikasi. Kedua dokumen ini bersifat saling melengkapi.

Program kuliah pilihan Anda
Mengapa Anda memilih program kuliah tertentu? Sampaikan alasan terbaiknya! Alasan harus menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat terbaik untuk program tersebut.

Keterampilan dan prestasi
Kedua hal ini penting untuk dicantumkan. Dewan penilai akan melihat keaktifan Anda dalam kegiatan akademis dan non-akademis. Penting juga untuk mengaitkan antara bakat yang Anda miliki dengan program kuliah pilihan.

Hobi
Anda bisa menyampaikan apapun hobi Anda. Pikirkan bagaimana hobi tersebut dapat dihubungkan dengan program pilihan atau keterampilan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan gelar.

Pengalaman kerja
Cantumkan pengalaman kerja yang relevan dengan program kuliah yang dipilih.

Rencana masa depan
Dalam menjabarkan tentang rencana masa depan, tunjukkan bahwa Anda adalah sosok yang memiliki motivasi tinggi. Jabarkan pula, bagaimana Anda akan mengimplementasikan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh saat lulus nanti.

Setelah draf ini selesai, lakukan cek dan ricek. Jangan sampai ada kesalahan ejaan, tata bahasa, maupun tanda baca. Personal statement sebaiknya ditulis secara jelas dan ringkas. Sebab, pernyataan ini merupakan bagian dari upaya universitas mengenal Anda.

Sumber: Hotcourses Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.