Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marzuki Tak Pernah Berniat Lemahkan KPK

Kompas.com - 01/08/2011, 13:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie menegaskan, tidak pernah berniat melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi. Marzuki menuding, pemberitaan media tentang pernyataannya perihal pembubaran KPK, adalah menyesatkan.

Demikian disampaikan Marzuki di kantornya, Senin (1/8) di Jakarta. Pernyataan ini disampaikan terkait pernyataan Marzuki, Jumat pekan lalu, tentang pembubaran KPK.

"Saya katakan, (KPK dibubarkan) andai tidak ada lagi orang yang kredibel di Indonesia. Saya pendukung KPK, punya harapan besar pada KPK," kata Marzuki.

Catatan Kompas, pernyataan itu awalnya disampaikan Marzuki untuk menanggapi polemik yang sedang terjadi di KPK. Marzuki menyatakan, jika sekarang integritas dan kredibilitas KPK dipertanyakan, maka harus diatasi, antara lain dengan mengganti orang-orang yang diduga bermasalah dengan yang lebih kredibel.

Jika ternyata sudah tidak ada lagi orang yang kredibel dan berintegritas untuk mengisi KPK, maka lembaga itu dapat dibubarkan.

Marzuki menyatakan, tidak khawatir dengan kontroversi akibat pernyataannya itu. "Nama saya Marzuki Alie. Alie artinya orang yang berani, tidak mengenal rasa takut, berani apa adanya, tidak perlu khawatir, yang penting niat kita (tidak melemahkan KPK)," kata dia.

Menurut Marzuki, sesaat sebelum menjadi Ketua DPR, dia pernah dipanggil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Saat itu Yudhoyono menyebutkan, kelemahan Marzuki antara lain jika bicara ketus, langsung, dan tidak basa basi. Dalam dunia politik hal itu belum tentu baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com