Amir Syamsuddin: Tolak Pembubaran KPK

Kompas.com - 01/08/2011, 19:28 WIB
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Publik diminta lebih adil dalam menilai pernyataan Ketua DPR sekaligus Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Marzuki Alie. Pernyataan kontroversial tentang pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dilontarkan Marzuki patut ditolak. Di sisi lain, pendapat tentang pembatasan transaksi tunai yang juga dilontarkan Marzuki Alie patut didukung.

Sekretaris Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin di Jakarta, Senin (1/8/2011), mengemukakan, pernyataan yang dilontarkan Marzuki merupakan pendapatnya selaku pribadi. Pernyataan itu tidak mewakili DPR dan Partai Demokrat.

 "Secara pribadi, saya menolak pendapat tentang pembubaran KPK. Tetapi, untuk gagasan perlunya ada batasan bagi transaksi tunai, saya kira perlu didukung," kata Amir.

Menurut Amir, publik seharusnya lebih adil ketika menilai pernyataan Marzuki Alie. Meskipun pernyataan tentang pembubaran KPK itu kontraproduktif, ide membatasi transaksi tunai itu dapat menjadi pintu masuk dalam upaya pemberantasan korupsi dan tindak pidana pencucian uang.

"Ide pembatasan transaksi tunai itu justru ujung tombak pemberantasan korupsi dan tindak pidana pencucian uang. Justru ide itu yang perlu didorong masuk dalam regulasi. Jangan hanya menyoroti soal wacana pembubaran KPK," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.