Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permintaan Daging Mulai Meningkat

Kompas.com - 04/08/2011, 19:14 WIB

MADIUN, KOMPAS.com - Permintaan daging sapi di Kota Madiun, Jawa Timur, mulai meningkat sejak awal bulan puasa. Sejumlah pedagang mengatakan, peningkatan dipicu oleh banyaknya usaha rumah tangga yang membuka bisnis makanan olahan untuk berbuka puasa.

Pedagang Daging sapi di Pasar Besar Madiun, Ginem, Kamis (4/8/2011), mengatakan, saat ini rata-rata permintaan daging mencapai 40 kilogram (kg) per hari. Pada kondisi normal, ia hanya mampu menjual daging rata-rata 30 kg per hari. Kenaikan permintaan ini juga dibarengi dengan kenaikan harga sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per kg.

"Sekarang daging dengan kualitas paling bagus Rp 65.000 per kg. Kalau yang kualitas nomor dua Rp 57.000 per kg. Daging campur atau rawonan (daging untuk masak rawon) Rp 50.000 per kg. Sebelum puasa harganya cuma Rp 45.000 per kg," ujarnya.

Murni, pedagang lainnya, menambahkan, kebutuhan daging di Kota Madiun dipasok dari wilayah Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ponorogo. Untuk saat ini pasokan daging tidak ada masalah karena hampir seti ap hari ada pemotongan sapi di Rumah Potong Hewan.

Jaminan pasokan daging itu diperkuat dengan pernyataan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Madiun, Lilin, yang mengatakan populasi sapi di wilayahnya masih mampu memenuhi kebutuhan daging masyarakat. Apalagi, konsumsi daging sapi hanya dilakukan oleh masyarakat tertentu. Itupun tidak setiap hari.

"Untuk Kabupaten Madiun saat ini populasi sapi mencapai 38.402 ekor," ujar Lilin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com