Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Siswa Miskin Berjualan Takjil...

Kompas.com - 05/08/2011, 18:07 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - "Bu, kolak bu. Yang pakai es atau anget juga ada," kata siswa kelas 3 SD Juara Semarang di Jalan Pahlawan Semarang, Jumat (5/8/2011).

Seorang laki-laki pejalan kaki datang menghampiri. "Namanya siapa?" tanya laki-laki itu. "Yunisa pak. Sekalian martabak kurma ya?" Yunisa kembali memberi tawaran. Transasksi selesai saat bapak itu mengangsurkan uang Rp 2.000 buat sebungkus kolak.

Sore ini, Yunisa menjadi bintang dalam bussines day SD Juara Semarang. Dalam durasi 30 menit Yunisa berhasil mengumpulkan uang hingga Rp 20 ribu. Melampaui teman-temannya.

Menurut Joko Kristiyanto, Kepala SD Juara Semarang, kegiatan berjualan takjil ini merupakan salah satu upaya membangkitkan semangat enterpreneurship anak sejak dini. Meski sore ini, hanya dikhususkan bagi siswa kelas 3 dan 4 saja.

"Biasanya setiap bulan kami mengadakan bussines day yang melibatkan semua siswa. Tapi hanya di lingkungan sekolah saja. Sedangkan ini ada di luar, jadi hanya siswa kelas 3 dan 4," tambah Joko.

Dalam bussines day, biasanya yang dijual adalah produk siswa sendiri. Pihak sekolah hanya memfasilitasi saja. Dengan demikian, uang yang didapat tetap dipegang anak-anak sendiri. "Kami berharap langkah ini bisa menginspirasi wali murid untuk mandiri melalui ide anaknya," kata Joko.

SD Juara adalah satu-satunya sekolah inklusif bagi warga miskin yang diselenggarakan secara gratis. Baik SPP, seragam, peralatan sekolah, maupun makan siang dan buku pelajaran, tak serupiah pun wali murid mengeluarkan uang. Sedangkan siswa siswi yang bersekolah juga bervariasi, mulai dari anak pengemis, penganggur, tukang becak, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com