Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Mahasiswa Jepang Ikut KKN UGM

Kompas.com - 09/08/2011, 17:50 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sembilan mahasiswa Ehime University, Jepang, mengikuti program Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 10-19 Agustus 2011. Hal itu dikatakan Ketua KKN-PPM UGM-Ehime University, Mirwan Ushada, di Yogyakarta, Selasa (9/8/2011).

"Selama 10 hari mahasiswa itu akan ditempatkan di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah," kata Mirwan.

Menurut dia, mahasiswa dari Fakultas Pertanian, Hukum, dan Sastra Ehime University itu berencana membuat "leaflet" tentang sadar bencana khususnya bencana Gunung Merapi dan gempa bumi kepada murid sekolah dasar (SD)

"Kegiatan KKN-PPM yang diikuti mahasiswa Ehime University itu merupakan salah satu implementasi pelaksanaan kesepakatan kerja sama antara kedua universitas yang dirintis oleh Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM," katanya.

Ia mengatakan, perkembangan dari kesepakatan kerja sama yang dirintis pada 2008 tersebut saat ini telah terbentuk konsorsium yang melibatkan beberapa perguruan tinggi lain di luar UGM. Beberapa perguruan tinggi itu antara lain Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Hasanuddin (Unhas), Ehime University, Kochi University, dan Kagawa University.

"Program itu bersifat edukatif dan sangat bermanfaat untuk memberikan pendidikan mengenai pentingnya sadar bencana," katanya.

Dosen pembimbing mahasiswa dari Ehime University, Ruth Vergin mengatakan, kegiatan itu diharapkan bermanfaat bagi kedua pihak karena ada juga mahasiswa UGM yang mengikuti program kuliah internasional di Ehime University.

Menurut dia, setelah selesai mengikuti KKN-PPM UGM, mahasiswa Ehime University diharapkan bisa memperoleh pengalaman dan studi terbaru khususnya terkait dengan penanganan bencana.

"Kami berharap mahasiswa bisa terlibat dan memperoleh ilmu dari pergaulan yang dibina selama KKN-PPM UGM," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com