Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Dosen UII Terima Hibah Pengajaran

Kompas.com - 11/08/2011, 21:43 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tujuh dosen Universitas Islam Indonesia Yogyakarta menerima hibah pengajaran semester genap periode 2011/2012 dalam rangka menambah inovasi pembelajaran dan meningkatkan kualitas akademik.

"Hibah pengajaran itu sangat penting untuk meningkatkan inovasi pola pengajaran dosen, karena staf pengajar seyogianya mampu mempengaruhi sikap, apresiasi, dan perilaku mahasiswa," kata Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Edy Suandi Hamid di Yogyakarta, Kamis (11/8/2011).

Untuk itu, menurut dia, perlu berbagai inovasi dalam pola pembelajaran suatu mata kuliah. Dengan berbagai inovasi itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas kompetensi mahasiswa sehingga dapat menjadi mahasiswa berdaya saing tinggi.

"Hibah pengajaran tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas akademik di UII. Hal itu seharusnya dapat terdiseminasi kepada seluruh kalangan dosen di UII bukan hanya berhenti pada penerima hibah sehingga inovasi pengajaran dapat terus diperbarui, kurikulum dapat rutin dikaji dan dievaluasi," katanya.

Kepala Badan Pengembangan Akademik (BPA) UII Sugini mengatakan, sasaran hibah pengajaran itu fokus pada tiga sektor, yakni program studi, dosen, dan kurikulum UII secara keseluruhan.

"Seluruh program studi di UII yang telah meningkatkan aplikasi teknologi informatika dan pengembangan ’local genius’ dimaknai sebagai upaya dalam mencapai standar dan proses pendidikan yang telah dicanangkan oleh Drektorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas)," katanya.

Menurut dia, bagi dosen, hibah itu dapat dimaksimalkan sebagai salah satu sarana peningkatan kualitas pedagogik khususnya profesionalitas seorang dosen UII dalam meningkatkan kualitas kompetensi dan kompetisi mahasiswa pada ranah internal maupun eksternal.

"Bagi pengembangan pembelajaran (kurikulum) di UII, hibah pengajaran itu dimaknai sebagai amanah yang wajib direalisasikan dalam rangka meningkatkan kualitas UII dari tingkatan ’teaching university’ hingga menjadi ’teaching excellent university’," katanya.

Ketujuh dosen UII yang menerima hibah pengajaran itu adalah Rifqi Muhammad, Uzaifah, Muhammad Hatta Prabowo, Helmy Akbar Bale, Asmanto Subagyo, Mudzoffar Akhwan, dan Setyo Winarno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com