Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Anak HS Tak Bisa Bersosialisasi?

Kompas.com - 12/08/2011, 09:57 WIB

KOMPAS.com - Husayn (5) tak sungkan menyapa orang-orang yang ditemuinya. Tangan pun langsung diulurkannya untuk bersalaman.

"Tante mau yang mau wawancara Mama, ya?," tanyanya, kepada Kompas.com, Kamis (11/8/2011).

Lantas, Husayn mengajak masuk dan memanggil ibunya, Mella Fitriansyah. Husayn, yang bernama lengkap Aliansyah Husayn Kamal, putra sulung Mella dan Faizal Kamal, yang selama ini menjalani sekolah rumah atau homeschooling. Anggapan bahwa anak homeschooling mengalami hambatan bersosialisasi, tak sepenuhnya benar.

"Anak-anak homeschooling justru tidak mempunyai hambatan sosialisasi, karena dia biasa bertemu siapa saja. Tidak hanya teman sebayanya. Kami mengajak anak kami ke mana saja, bertemu apa saja, untuk belajar apa saja," papar Mella.

Bahkan, ia mengungkapkan, dalam sebuah perjalanan ke Yogyakarta, Husayn dan adiknya, Ali, tak sungkan menyapa dan berbincang dengan siapa saja. "Dia terbiasa menyapa orang yang baru dikenalnya dan berkenalan. Bertanya apa saja," ujar Mella.

Oleh karena itu, ia mengaku heran dengan anggapan dan labelling kepada anak homeschooling dalam hal bersosialisasi.

"Justru karena homeschooling, dia tidak canggung. Kalau di sekolah formal, dia bergaul dengan teman sebaya dan hanya menjumpai guru yang orang dewasa. Kalau homeschooling, dia bisa bertemu siapa saja, karena ke manapun kita ajak pergi, dia berpikir bahwa itu adalah belajar," ungkap wanita lulusan Universitas Indonesia ini.

Ia menambahkan, sekolah rumah bukan berarti anak-anak dikungkung belajar di dalam rumah. Mereka bisa memelajari banyak hal di mana saja dan dari siapa saja.

Hal yang sama juga diungkapkan keluarga homeschooling lainnya, Sumardiono. Selama lebih kurang 10 tahun, Sumardiono (Aar) dan istrinya Mira Julia (Lala) menerapkan homeschooling bagi ketiga anaknya. Dan tak ada hambatan sosialisasi yang ditemukan.

"Justru kami ingin menerapkan homeschooling bagi anak-anak kami, agar sosialisasi anak kami bertambah luas. Bukannya malah tidak bisa bersosialisasi, " ujar Aar.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com