Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LP Lowokwaru, Remisi Terbanyak di Jatim

Kompas.com - 12/08/2011, 16:02 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Lembaga pemasyarakatan Kelas 1A Lowokwaru, Malang, Jawa Timur, mendapat jatah remisi tertinggi di Jawa Timur. Remisi yang diberikan berjumlah 821.

Remisi tersebut adalah remisi ganda, yakni bentuk pemotongan masa tahanan terkait persitiwa yang bersamaan di bulan Agustus, yakni HUT RI pada 17 Agustus dan Hari Raya Lebaran.

"Remisi yang diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM kepada narapidana kelas I Malang ini bervariasi. Yakni tergantung masa hukuman yang dijalaninya," jelas Kepala Lapas Kelas I Lowokwaru Malang Djoko Wibowo Haryono, Jumat (12/8/2011).

Djoko mengatakan, narapidana yang menjalani penahanan 6-12 bulan diberikan remisi 1 bulan, sedangkan di atas 12 bulan mendapat remisi 2 bulan. "Remisi kepada 821 narapidana itu, merupakan remisi terbanyak di Jatim yang diterima oleh LP Lowokwaru, Malang. Karena jumlah napinya juga terbanyak," katanya.

Narapidana yang mendapat remisi itu, katanya, atas usulan pihak Unit Pelayanan Teknis (UPT). Adapun urutan penerima remisi kedua terbesar di Jatim adalah Lapas kelas I Surabaya yaitu 657 narapidana, kemudian Lapas kelas IIB Banyuwangi sebanyak 251 narapidana.

Selanjutnya adalah, Lapas kelas I Madiun sebanyak 239 narapidana serta Lapas Medaeng sebanyak 135 narapidana. Total narapidana di Jatim yang mendapatkan remisi ganda mencapai 5.123 orang.

Masih menurut Djoko, syarat untuk mendapatkan remisi tersebut berdasarkan pada penilaian penghuni selama menjalani hukuman dalam kurun waktu satu tahun. "Mereka yang mendapatkan remisi sudah berkelakuan baik dan jelas sudah mau bertobat, alaias tak akan mengulangi perbuatannya lagi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com