Jam Belajar Siswa Tak Berkurang

Kompas.com - 12/08/2011, 19:36 WIB
EditorBenny N Joewono

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Jam belajar siswa di Kota Banda Aceh tidak berkurang selama Ramadhan 1432 Hijriah, demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat Sofyan Sulaiman.

"Kendati ada penambahan jam pendidikan agama tidak mengurangi jam belajar mata pelajaran lainnya selama bulan puasa," katanya di Banda Aceh, Jumat (12/8/2011).

Sebelumnya, kata dia, banyak pihak menyangsikan dengan adanya penambahan jam pendidikan agama akan mengurangi jam belajar mata pelajaran umum.

Selama Ramadhan 1432 Hijriah, kata dia, jam pendidikan agama menjadi 10 jam per minggu, sedangkan hari biasa hanya empat jam per pekannya.

"Penambahan jam ini lebih difokuskan untuk meningkatkan pemahaman aqidah kepada anak didik. Penambahan jam pendidikan agama ini hanya berlaku untuk tiga minggu dan cuma berlangsung selama Ramadhan," katanya.

Menurut dia, adanya penambahan pendidikan agama enam jam per minggu ini karena selama Ramadhan banyak digelar ceramah Islami yang dilakukan di sekolah-sekolah.

Selain itu, sebut dia, juga digelar ceramah umum yang dihadiri anak didik dari sejumlah sekolah tiga kali sepekan di Aula Balai Kota Banda Aceh.

"Ceramah umum di aula ini dihitung dua jam dan dihadiri sekitar 500 siswa. Kami harapkan dengan adanya ceramah umum ini bisa meningkatkan aqidah anak didik," katanya.

Menyangkut proses belajar mengajar mata pelajaran umum, Sofyan mengatakan tetap berjalan seperti biasanya. Bahkan, penambahan jam pendidikan agama ini tidak mengganggu jam tatap muka mata pelajaran umum.

"Ramadhan tidak mempengaruhi waktu efektif proses belajar mengajar. Kami tetap menjaga agar waktu efektif pendidikan dalam satu tahun ajaran sebanyak 240 hari terlaksana dengan baik," demikian Sofyan Sulaiman.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X