Anggaran Ketahanan Pangan Turun

Kompas.com - 16/08/2011, 15:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Anggaran ketahanan pangan yang menjadi prioritas kelima dalam Rencana Kerja Pemerintah atau RKP tahun 2012 diperhitungan akan mencapai Rp 37,055 triliun. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan anggaran ketahanan pangan yang sudah dialokasikan dalam APBN 2011 sebesar Rp 38,092 triliun.

Pagu indikatif Anggaran Ketahanan Pangan untuk tahun anggaran 2012 itu dipaparkan dalam dokumen Deputi Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Bappenas sebagai Hasil Kesepakatan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional yang diterima Kompas.com di Jakarta, Selasa (16/8/2011).

Rincian Anggaran Ketahanan Pangan pada tahun 2012 antara lain adalah dialokasikan untuk pencetakan sawah, perluasan lahan kering, optimalisasi lahan, penataan ruang wilayah laut atau pesisis dan pulau kecil, serta peraturan lahan pertanian serta lahan terlantar. Untuk kegiatan itu semua Kementerian Pertanian mendapatkan alokasi Rp 2,11 triliun; Kementerian Kelautan dan Perikanan Rp 94,9 miliar; dan Badan Pertahanan Nasional (BPN) Rp 3,7 miliar.

Selanjutnya ada kegiatan pembangunan jalan usahatani atau produksi, pembanguan perlabuhan ikan, pemberian kapal tanggap, irigasi pertanian, infrastruktur sumberdaya air, dan sarana atau prasarana perkarantinaan. Ini membutuhkan anggaran Rp 1,518 triliun untuk Kementerian Pertanian, lalu Rp 908,5 miliar untuk KKP, dan Rp 4,250 triliun untuk Kementerian Pekerjaan Umum.

Anggaran besar lainnya dialokasikan kepada Kementerian Pertanian sebesar Rp 6,889 triliun untuk pengembangan produksi tanaman, ternak dan ikan. Sementara Kementerian Keuangan diserahi kewenangan untuk mengelola Rp 17,284 triliun yang antara lain digunakan untuk subsidi pupuk.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorMarcus Suprihadi
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X