Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sayembara Karakter Perempuan Mass Effect 3

Kompas.com - 18/08/2011, 23:06 WIB

KOMPAS.com - Bioware, studio pengembang permainan, Mass Effect, tengah merampungkan seri ke tiga permainan fiksi ilmiah bergenre RPG itu. Dalam seri ketiga ini, mereka ingin mendapatkan karakter perempuan untuk dijadikan model di sampul permainan dengan cara menggelar sayembara dan sudah memasuki babak ke dua.

Hal itu bisa dilihat dari halaman facebook Mass Effect 3 saat mereka mengadakan kontes untuk karakter perempuan dari tokoh protagonis, Shepard.

Sejak pertengahan Juli 2011, halaman FB permainan tersebut menampilkan enam pilihan muka Shepard hingga kemudian terpilih satu desain yakni berambut panjang. Pertengahan Agustus, kontes tersebut dilanjutkan dengan memilih warna rambut karakter yang sebelumnya sudah terpilih, mulai dari warna hitam, pirang, cokelat, hingga merah.

Hingga Kamis (18/8/2011) malam, opsi pertama yakni rambut warna hitam mendapatkan tanda jempol sebanyak 10.490 buah, warna pirang sebanyak 4.402 buah, warna cokelat gelap sebanyak 4.607, dan paling banyak adalah merah sebanyak 15.340.

Sayembara ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran tokoh protagonis perempuan bila nanti dipasang ke boks permainan. Dalam dua seri terakhir, hanya diperlihatkan tokoh protagonis pria di sampul depan padahal pemain sebetulnya bisa memilih untuk bermain sebagai pria atau perempuan dalam permainan ini.

Pemain pun juga diberi kebebasan untuk membentuk wajah protagonis sesuai keinginan mereka meski banyak kritik muncul karena wajah tokoh protagonis perempuan dianggap kurang "cantik."

Mass Effect merupakan permainan yang dikembangkan Bioware dan dijadwalkan rilis pada 6 Maret 2012 untuk PC, XBOX 360, dan Playstation 3. Ceritanya berputar di sekeliling tokoh Komandan Shepard yang berupaya menyelamatkan galaksi dari serbuan makhluk bernama Reapers dengan cara menyatukan spesies makhluk lain untuk berperang bersama. Permainan ini dijalankan dari sudut pandang orang ke tiga, atau dari belakang punggung tokoh protagonis.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com