Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

80 Siswa Dapat Beasiswa BI Banjarmasin

Kompas.com - 19/08/2011, 22:04 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Bank Indonesia Banjarmasin kembali menyalurkan beasiswa kepada 80 orang mahasiswa dari dua perguruan tinggi negeri di Kalimantan Selatan.

Beasiswa tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Regional Bank Indonesia Wilayah Kalimantan sekaligus Pemimpin Bank Indonesia Banjarmasin Khairil Anwar di Banjarmasin, Jumat (19/8/2011).

Menurut Khairil, secara nasional BI menyalurkan beasiswa kepada 2.960 mahasiswa dengan nilai Rp 9,22 miliar dan dari jumlah tersebut sebanyak Rp 259 juta diberikan kepada 80 mahasiswa IAIN Antasari dan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

"Untuk memastikan penerima memanfaatkan beasiswa dengan baik, kami juga melakukan monitoring dan evaluasi terhadap mahasiswa penerima secara berkala," katanya.

Menurut dia, pemberian beasiswa merupakan salah satu peran nyata BI untuk meningkatkan sumber daya manusia berkualitas yang merupakan prasyarat utama bagi kemajuan suatu daerah.

Kalimantan Selatan, kata dia, sebagai salah satu provinsi dengan kekayaan sumber daya alam yang cukup melimpah, memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mengelolanya dengan baik.

"Salah satu riset kami menunjukkan bahwa warga telah mampu berpartisipasi dalam pembangunan daerah di seluruh sektor ekonomi," katanya.

Sayangnya, kata dia, warga Kalsel yang berkiprah pada level manajemen masih sangat sedikit, sehingga perlu dukungan untuk mendorong warga daerah kaya sumber daya alam ini untuk meningkatkan kualitasnya.

Diharapkan, ke depan partisipasi generasi muda banua dalam mendukung perekonomian Kalsel dapat lebih meningkat. "Tentu saja tidak semudah membalik telapak tangan, perlu proses yang panjang," ungkap Khairil.

Menyadari pentingnya pengembangan sumber daya manusia tersebut, tambah Khairil, BI memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang secara ekonomi kurang mampu namun berprestasi, sehingga dapat menyelesaikan studinya.

Rektor Universitas Lambung Mangkurat Prof Muhammad Ruslan MS mengungkapkan, apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bank Indonesia yang turut peduli pada kemajuan dunia pendidikan Kalimantan Selatan.

Pernyataan yang sama juga disampaikan Rektor IAIN Antasari Prof Akh Fauzi Aseri MA. "Kami merasa bahagia karena mahasiswa kami masih diberikan kesempatan sebagai penerima beasiswa Bank Indonesia," katanya.

Menurut Fauzi, jumlah mahasiswa yang kurang mampu di IAIN relatif banyak sehingga ke depan diharapkan bantuan serupa terus dikucurkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com