Unhas Bantu Peningkatan SDM Papua

Kompas.com - 19/08/2011, 22:58 WIB
EditorBenny N Joewono

MAKASSAR, KOMPAS.com - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar tetap berkomitmen meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Papua. Ini tertuang dalam nota kesepakatan dan kerja sama yang ditandatangani antara Rektor Unhas Prof Dr Idrus A Paturusi dengan Gubernur Papua Barnabas Suebu yang diwakili Kepala Badan Pengelolaan Infrastruktur Ir J.I. Christian Wayoi, MMT, MT, disaksikan Wakil Rektor I Unhas Dadang Achmad Suriamiharja, para dekan fakultas di lingkungan dan sejumlah Kepala Bagian Pemprov Papua di Makassar, Jumat (19/8/2011).

Kerja sama ini mencakup jasa konsultasi, advokasi, pendidikan dan pelatihan, serta penelitian dan pengembangan. Kerja sama ini bertujuan memenuhi kebutuhan dan manfaat yang saling menguntungkan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyelenggaraan pemerintahan di Papua.

Ruang lingkup kerja sama lima tahunan itu dan dapat diperpanjang atas kesepakatan kedua pihak, berupa pemanfaatan penelitian dan pengembangan, konsultasi dan advokasi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, kajian dan pengembangan serta pengelolaan lingkungan dan bidang-bidang lainnya.

Rektor Unhas Idrus A Paturusi menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Pemprov Papua. Sebenarnya, Unhas sudah lama bekerja sama dengan Pemprov Papua melalui pendidikan sekitar 100 mahasiswa berasrama khusus untuk menghasilkan guru Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia dalam dua angkatan. Mereka memperoleh beasiswa dari pemerintah provinsi dan kembali ke daerahnya masing-masing.

"Guru itu menentukan kualitas anak didik kita. Jika hendak memperbaiki kualitas keluaran pendidikan, maka gurunya yang harus ditingkatkan kualitas pendidikannya," kata Idrus Paturusi.

Kepala Badan Pengelolaan Infrastruktur Christian Wayoi mengatakan, badan yang dipimpinnya merupakan kelembagaan satu-satunya di Indonesia pada level provinsi. Badan ini menangani empat bidang antara lain, masalah pembangunan energi dan listrik, pembangunan jaringan infrastruktur transportasi terpadu, pembangunan telekomunikasi, dan sumber dana.

"Tugas pokok badan ini mengkoordinasikan keseluruhan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan penatausahaan pembangunan infrastruktur jaringan transportasi darat, udara, laut, sungai, energi dan listrik, air bersih, telekomunikasi dan pembiayaan secara terintegrasi serta tugas-tugas lain yang diberikan Gubernur," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.