Universitas Borneo Resmi Jadi PTN

Kompas.com - 20/08/2011, 13:35 WIB
EditorNasru Alam Aziz

TARAKAN, KOMPAS.com — Universitas Borneo di Kota Tarakan, Kalimantan Timur, menjadi perguruan tinggi negeri. Pembukaan selubung dan peninjauan Universitas Borneo dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, Sabtu (20/8/2011).

Mendiknas mengatakan, perguruan tinggi yang terletak di perbatasan Indonesia dan Malaysia itu harus menjadi pusat unggulan untuk kawasan Borneo. Untuk itu, langkah yang harus dilakukan lebih dulu adalah dengan meningkatkan kualitas dosen.

"Silakan para dosen mengambil program S-3. Beasiswa tersedia banyak. Jangan di negara tetangga, terlalu dekat. Silakan ambil gelar doktor di Amerika Serikat atau negara lain, beasiswanya ada," kata Nuh.

Rektor Universitas Borneo Abdul Jabarsyah menyebutkan, jumlah mahasiswa Universitas Borneo sekitar 5.000 orang, sedangkan mahasiswa baru tahun 2011/2012 sekitar 1.091 orang. Sementara jumlah dosen sekitar 190 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.